oleh

Dinkes Banjar Keluarkan Surat Edaran Waspada Virus Corona

MARTAPURA, koranbanjar.net – Hadapi bahaya Virus Corona yang saat ini mewabah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar menyebarkan surat edaran untuk kewaspadaan dini.

Kepala Dinkes Kabupaten Banjar, dr H Diauddin mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Banjar sudah mendapat surat edaran dari pemerintah pusat.

“Intinya dalam edaran tersebut, pemerintah pusat menyampaikan harus siap siaga dalam menghadapi Virus Corona,” bebernya kepada koranbanjar.net, Senin (27/1/2020).

Menurut Diauddin, tanda-tanda orang yang terserang Virus Corona ini adalah panas tinggi, batuk dan pilek disertai sesak.

“Namun tidak semua gejala itu mengarah kepada Virus Corona, tetapi tetap harus diperiksa lebih lanjut,” jelasnya.

Tetapi dalam hal ini, Dinkes sudah mengeluarkan surat edaran ke puskesmas dan rumah sakit yang tersebar di Kabupaten Banjar, untuk kewaspadaan dini terhadap Virus Corona.

“Jadi kalau ada pasien yang mengalami batuk pilek disertai sesak dan demam panas tinggi, maka harus ditindak lanjuti dengan melakukan isolasi di rumah sakit,” ucap Kadinkes.

Selanjutnya, Diauddin mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Banjar agar tidak melakukan perjalanan keluar negeri di saat seperti ini.

“Dari informasi yang didapat, penyebaran Virus Corona sudah sampai ke Singapura dan Malaysia, kewaspadaan jangan dulu bepergian keluar negeri,” imbaunya.

Virus Corona sendiri diyakini pertama kali muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 hingga 24 Januari 2020, Virus Corona telah menewaskan sebanyak 25 orang dan menginfeksi 800 orang lainnya. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: