Baznas

Dinas Perikanan Tabalong Latih Cikal Bakal UMKM

  • Bagikan
Penyerahan modul kepada peserta pelatihan oleh Kadis Perikanan Tabalong Ir HM Mugeni MM. (Sumber Foto: ist)

Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong adakan pelatihan cikal bakal UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) di Desa Kitang Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong, Rabu (16/6/2021).

TABALONG,koranbanjar.net – Pelatihan yang dilakukan adalah Bimbingan Teknis Pengolahan dan Penerapan Persyaratan Pada Pengolahan Usaha Skala Mikro dan Kecil tahun 2021.

Kepala Dinas Perikanan Tabalong Ir HM Mugeni MM mengatakan, dengan adanya pelatihan pembuatan abon ikan Patin dan dendeng ikan Nila diharapkan para peserta atau cikal bakal UMKM ini bisa mengembangkan ketrampilan.

BACA:  Siap-siap! Sebentar Lagi Pasar Laura Bakal Dibuka

“Memanfaatkan waktu luang untuk menjadi lebih produktif sehingga bisa meningkatkan penghasilan dan pendapatan keluarga,” sebutnya.

Lantas, dikemudian hari abon ikan Patin dan dendeng ikan Nila bisa menjadikan ikon dan merupakan oleh-oleh khas dari Tabalong, seperti keinginan dan harapan dari Bupati Tabalong.

Lebih lanjut, Arsani perwakilan dari GKN Tabalong mengatakan, pihaknya siap membantu dan membimbing para peserta yang merupakan cikal bakal UMKM juga binaan GKN Tabalong.

BACA:  Wabup Batola Sampaikan LKPj TA 2020 ke DPRD

“Untuk bisa lebih berkembang dan maju dengan binaan GKN Tabalong,” ungkapnya.

Arsani yang merupakan ketua Koperasi Al Yakin dan sebagai pengelola Pusat Oleh-oleh Khas Tabalong (Pokta) juga owner produk merek Hofi mengatakan, pihaknya siap membantu memasarkan.

“Mempersilakan pelaku cikal bakal UMKM menempatkan produk-produknya untuk dititipkan, dipasarkan dan dijual di Pokta kami,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Kitang, M Jadi mengutarakan, pihaknya sangat berterima kasih sekali atas pelatihan dari Dinas Perikanan Tabalong kepada warganya.

BACA:  Tanam 500 Pohon Di Bawah Guyuran Hujan, Ini Kata Ketua FKH Ije Jela Bahalap

Harapan dia, ini bisa lebih meningkatkan ketrampilan dan ekonomi masyarakat, pihaknya juga siap membantu demi perkembangan dan kemajuan warganya. (mj-38/dya)

(Visited 6 times, 2 visits today)
  • Bagikan
(Visited 6 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *