Dinas Ketapang Banjar Uji Keamanan Sayuran di Pasar Martapura, Begini Hasilnya

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Untuk memastikan keamanan pangan dari zat berbahaya, Pemkab Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Banjar melakukan pengujian pangan segar di Pasar Pagi Martapura.

“Alhamdulillah pada kegiatan hari ini menggunakan pengujian cepat tidak ditemukan kandungan berbahaya pada pangan segar yang kita uji,” ucap Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Banjar, Eddy Hasby.

Pengujian dilakukan bersama Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudatul Wardiyah, beserta staf Dinas Ketapang Banjar.

Tim pengujian mengambil beberapa sayuran segar yang dijual sejumlah pedagang sebagai sampel untuk diuji keamanannya. Pengujian menggunakan alat uji cepat yang bernama rapid test kit untuk mendeteksi kandungan pestisida pada sayuran.

Eddy Hasby juga menyampaikan pengujian meliputi adanya kandungan residu pestisida, mokotoksin dan logam berat. Pemantauan di pasar juga dilakukan untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi agar masyarakat terhindar dari bahaya.

“Harapannya dengan pangan segar yang sehat ini bisa membuat keamanan pangan pada masyarakat kita, terutama pada anak-anak remaja yang kita ajak untuk makan sayur dan buah segar, karena pada pangan yang terkandung zat berbahaya dikonsumsi terus menerus akan berakibat pada gangguan kesehatan manusia,” ungkapnya.

Hasby menambahkan, pihaknya juga terus melaksanakan pengujian keamanan pangan secara dini, berkala dan berkelanjutan dari produsen atau petani hingga pedagang guna menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi. (dra)

Read Previous

Kebakaran Lahan di Handil Lima Sungai Tabuk, BPBD Banjar Cepat Turun Tangan

Read Next

Sekdaprov Kalsel Tanamkan Nilai Gotong Royong

Tinggalkan Balasan