Religi  

Dilantik, Banyak Atensi Untuk 45 Anggota DPRD Banjar

MARTAPURA, koranbanjar.net 45 Anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2019-2024 secara resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatan, di ruang rapat paripurna lantai 2 DPRD Kabupaten Banjar, Rabu (4/9/2019).

Seperti biasanya, banyak atensi dan harapan yang diungkapkan pada sambutan yang berkali-kali itu, dengan tujuan anggota di lembaga perwakilan rakyat ini benar-benar amanah menjalankan tugas dan fungsinya.

Seremoni pelantikan ini dihadiri jajaran Forkopimda, pejabat Pemkab Banjar dan tamu undangan lainnya yang semuanya berjumlah ratusan orang.

Muhammad Rofiqi yang juga sebagai Ketua Gerindra Kabupaten Banjar dilantik sebagai Ketua DPRD Banjar sementara.

Demisioner Ketua DPRD Banjar 2014-2019 H Rusli memimpin rapat paripurna istimewa didampingi wakilnya Saidan Fahmi.

Tanpa dihadiri Bupati Banjar KH Khalilurrahman yang kabarnya sedang sakit, digantikan Wakil Bupati (Wabup) Banjar H Saidi Mansyur.

Ketua Pengadilan Negeri Martapura Makmurin Kusumastuti mengambil sumpah/janji jabatan anggota legislatif pilihan masyarakat Kabupaten Banjar ini.

H Rusli menyampaikan dalam sambutannya, selama masa bakti 2014-2019, DPRD Kabupaten Banjar telah menyelesaikan 56 Peraturan Daerah (Perda).

H Rusli memberikan selamat atas dilantiknya Anggota DPRD Banjar periode 2019-2024. Ia berharap Anggota DRPD yang baru dilantik ini dapat benar-benar menyerap apresiasi rakyat, dan juga meneruskan pembangunan baik dari sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pelayanan dan lain-lain.

Baca juga: SAH! Inilah Anggota DPRD Banjar Terpilih Periode 2019-2024

Menutup sambutannya, H Rusli meminta maaf selama menjalankan masa bakti terdapat kekurangan. “Sebagai manusia, Anggota DPRD Banjar yang salama ini menjalankan tugas, tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu dimohon untuk dimaafkan,” ucapnya.

Usai pengambilan janji/sumpah, Anggota DPRD periode 2019-2024 dipersilakan menduduki kursi kehormatan, tanpa terkecuali Rofiqi dan Agus Maulana sebagai ketua dan wakil ketua sementara yang menduduki kursi paling tinggi.

Dalam sambutan perdananya itu, Ketua Sementara DPRD Banjar M Rofiqi mengungkapkan rasa syukur dan berharap dapat mengantarkan DPRD Banjar kepada kinerja yang baik masa bakti 2019 – 2024.

Selaian itu ia juga berterimakasih kepada DPRD Banjar masa bakti 2014 – 2019 yang telah menyelesaikan tugas dan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten banjar.

Baca: Andin Sofyan Noor Temui Pendemo Di Pagar DPRD Kabupaten Banjar

Rofiqi menaruh harapan besar kepada semua anggota dewan agar mengerahkan semua kemampuannya untuk memberikan yang terbaik pada Kabupaten Banjar. Ia lantas mengutip kalimat mantan presiden Amerika Serikat John F Kennedy.

“Jangan tanya apa yang negara berikan padamu, namun tanyakan apa yang bisa kamu berikan untuk negara,” tutupnya yang langsung disambut tepukan tangan seisi ruangan.

Sementara Wabup Banjar H Saidi Mansyur membacakan sambutan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Ia mengatakan, sesuai prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem prinsip negara NKRI, pemerintah daerah bersama DPRD bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemerintahan.

“Oleh karena itu, kerjasama, koordinasi, komunikasi dan pelaksanaaan fungsi masing-masing agar lebih berkualitas dan ditingkatkan serta perlu saling mengingatkan, supaya berbagai masalah yang menyangkut kepentingan masyarakat bisa diselesaikan dengan baik,” ucap Saidi.

Ia berharap, kerjasama antara eksekutif dan legislatif terjalin secara efektif dan efisien terutama mencapai sasaran pembangunan.

Selain itu, secara bersama-sama juga perlu mencari langkah-langkah inovasi agar kemajuan daerah makin pesat dan rakyatnya lebih sejahtera, termasuk menuntaskan masalah kemiskinan.

“Masyarakat juga menuntut penyelenggaraan pemerintah daerah lebih baik dan bersifat transfaran, dan mampu membawa pada kesejahteraan lebih baik sekaligus meningkatkan pelayanan publik,” ucap Saidi. (dra)

Baca juga: Di Balik Kesuksesan Andin, Setiap Hari Ia Bersimpuh di Kaki Ibunya