Di Usia 18 Tahun, Farhan Menjadi Owner Biro Perjalanan Haji dan Umroh

Muhammad Farhan
Muhammad Farhan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Siapa menyangka, di usia yang masih sangat muda atau menginjak usia 18 tahun, Muhammad Farhan sudah menjadi owner atau memimpin sebuah perusahaan Biro Perjalanan Haji dan Umroh, PT Al Taif Saudi Wisata Martapura.

Muhammad Farhan merupakan putra sulung mendiang Zaid Abdullah. Sepeninggal orangtuanya (Zaid Abdullah) yang telah wafat beberapa waktu lalu saat menjalankan ibadah umroh, Farhan tinggal bersama adiknya, Abdullah dan ibu kandungnya, Fatimah Hamid.

Ketika ayahnya wafat, Farhan masih menyelesaikan sekolahnya di Pondok Pesantren Al Irsyad Jawa Tengah. Kini dia bersama adiknya, Abdullah yang masih berusia 16 tahun harus melanjutkan bisnis peninggalan orangtuanya dengan jumlah karyawan puluhan orang.

Meski terbilang masih sangat muda dalam menjalan bisnis biro perjalanan haji dan umroh, namun anak muda ini telah dikelililingi karyawan-karyawan yang profesional, berpengalaman dan loyal dalam mengelola sebuah perusahaan travel. Tidak heran, sampai sekarang masih banyak calon jamaah yang menggunakan jasa PT. Al Taif Saudi Wisata untuk menunaikan ibadah umroh.

“Sekarang saya sudah menyelesaikan sekolah di pondok, jadi fokus mengurusi travel (perusahaan). Sementara ini banyak yang harus saya pelajari, soal keuangan, manajemen serta mengelola perusahaan. Kadang ikut langsung membawa jamaah, seperi bulan Ramadan tadi,”ungkap Farhan.

Tidak berbeda dengan pengelolaan yang dilakukan orangtuanya (Zaid Abdullah) dulu, Farhan juga menyiapkan paket-paket umroh plus. Seperti paket ibadah umroh sekaligus tur ke Mesir. “Insya Allah, awal tahun 2020, kita akan meluncurkan program paket umroh mesir. Jadi, menunaikan ibadah umroh dulu, kemudian perjalanan atau tur ke Mesir. Sedangkan mutawwif yang digunakan tidak berbeda dengan sebelumnya,”pungkasnya singkat.(sir)  

BeritaTerkait