oleh

Di Banjarbaru, Ada Mobil Unik Bisa Memasak Ratusan Paket Makanan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Di Banjarbaru, ada mobil unik yang memiliki peralatan memasak lengkap. Hebatnya lagi, mobil ini bahkan bisa menjadi dapur untuk memasak ratusan paket makanan dengan berbagai menu.

Setelah ditelusuri, ternyata mobil ini bukan sembarang mobil, melainkan memang dapur umum berjalan milik Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel yang digunakan untuk membantu korban bencana alam.

“Ia (mobil) diberi nama mobil dapur umum. Bisa bergerak kemana saja dan memiliki kapasitas memasak paling sedikit 5 ratus paket makanan,” ujar Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel, Ahmadi, Jumat (9/8/2019).

Demo memasak di mobil dapur umum saat acara penanaman pohon di lingkungan PSBR Budi Satria Kalsel, Banjarbaru, Jumat (9/8) pagi. (foto: yuli kusuma/koranbanjar.net)

Saat ini, ada dua unit mobil dapur umum yang dimiliki Dinsos Kalsel. Di daerah lain, hampir semua kabupaten dan kota di Kalsel juga sudah memilikinya.

Untuk jam terbang membantu korban bencana alam, tak perlu diragukan lagi. “Mobil dapur umum ini sudah pernah digunakan untuk membantu korban bencana alam di Lombok dan Palu,” kata Ahmadi.

Selain itu, saat Kalsel menjadi tuan rumah peringatan HKSN (Hari Kesetiakawanan Nasional) 2019, September nanti, mobil dapur umum akan memecahan rekor Muri dengan memasak 15 ribu paket makanan siap saji yang dilakukan oleh 8 ratus anggota Tagana Kalsel dalam waktu 2 jam.

“Lalu ada lagi rencana pencatatan rekor yang kedua, dengan melibatkan 95 ribu pelajar yang diedukasi melalui sosialisasi pengurangan resiko bencana alam,” bebernya.

Selain dua unit mobil dapur umum yang selalu siap digunakan dalam 24 jam, Dinsos Kalsel juga memiliki armada lainnya, seperti mobil tangki, truk angkutan dan mobil box pengangkut bantuan bahan makanan. Total seluruhnya ada 16 unit, didatangkan dari bantuan Kemensos RI.

“Untuk bencana karhutla tahun ini, mobil dapur umum juga siap kita gunakan apabila diperlukan. Saat ini kita memiliki 2 posko siaga karhutla di kantor Dinsos Kalsel dan di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria Kalsel,” pungkasnya. (ykw/dny)

Komentar

Berita Terkini