Advertorial

Di Banjarbaru, 1.300 KTP Elektronik Rusak Dimusnahkan

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Sebanyak 1.300 lebih keping KTP Elektronik dimusnahkan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru, Senin (17/12/2018) pagi tadi.

Pemusnahan blagko atau KTP Elektronik ini bermaksud menanggapi instruksi dari Kementrian Dalam Negeri. Blangko atau KTP Elektronik yang dimusnahkan itu mengalami kerusakan atau salah ketik dan KTP orang yang sudah meninggal. Pemusnahan dihadari Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah, usai menjadi pembina dalam apel pagi di lingkungan Dinas Perhubungan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru.

“Sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri agar blangko ataupun KTP Elektronik yang salah ketik, KTP orang yang meninggal  untuk dimusnahkan,” ucapnya.

Pemusnahan itu menurut Said, agar KTP Elektronik tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan ke depan.

“Apalagi tahun depan kita akan melaksanakan Pemilu, diharapkan di Kota Banjarbaru benar-benar tidak lagi ditemukan blangko ataupun KTP Elektronik yang rusak, yang sudah tidak terdaftar atau bahkan tidak berlaku lagi,” terangnya.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Sri Fatma Karmailita, juga sependapat dengan yang dikatakan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru.

“Ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri untuk memusnahkan blangko ataupun KTP Elektronik yang tidak terpakai, sehingga ke depan blangko ataupun KTP Elektronik ini tidak disalahgunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Menurut dia juga, pemusnahan KTP Elektronik ini baru pertama kali dilakukan di Kota Banjarbaru. “Pemusnahan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Banjarbaru, dan seterusnya akan terus dilaksanakan secara berkala,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pemusnahan tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru berseta karyawan/karyawati Dinas Perhubungan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru.(maf-humaspemkobjb/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close