Detik-detik Gempa Malang Runtuhkan Atap Kamar Rumah Sakit yang Berisi Pasien

  • Bagikan
Terdampak Gempa, RSUD Blitar Alami Kerusakan, Sebagian Atap Ambrol (Twitter/cak_sugenk)

Detik-detik menegangkan saat gempa terjadi di Kota Malang, Jawa Timur. Atap kamar di sebuah rumah sakit telah runtuh, sementara kamar itu telah berisi pasien yang sedang dirawat.

Sebuah foto viral beredar di media sosial twitter memperlihatkan atap rumah sakit yang ambrol dan hancur menimpa kasur dan seisi ruangan. Itu adalah video detik-detik gempa Malang yang ikut merusak bangunan RSUD Blitar.

Foto ini diunggah oleh akun twitter @cak_sugenk. “Kiriman teman nakes Malang Selatan. InnaliLLAHi wainnailaihi rajiun,” tulis sang pemilik akun pada cuitannya.

Rupanya, kejadian tersebut terjadi di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, Jawa Timur. Peristiwa ini terjadi akibat imbas getaran gempa bumi dengan Magnitudo 6,7 di barat daya Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021).

Menyadur dari Suara Jatim, Ruang Cempaka merupakan kamar yang paling parah, “Ruang Cempaka yang parah dan Kamar 11 yang paling parah,” kata Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, dr Herya Putra dikutip Beritahits.id –jejaring suara.com–.

Saat kejadian, di kamar itu terdapat tiga pasien, namun mereka hanya terkena debu dan tidak sampai tertimpa atap plafon yang runtuh.

Sementara di kamar 11 saat kejadian tidak ada pasien. RSUD Mardi Waluyo juga sudah melakukan langkah penanganan dari kejadian tersebut. Pasien di ruangan ini dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Kami evakuasi. Pasien kami turunkan ke bawah. Kami carikan tempat yang baru. Ruangan yang belum termanfaatkan itu di Ruang Seruni,” kata dia.

Pihaknya juga melakukan pemeriksaan menyeluruh guna mendeteksi tingkat kerusakan. Bangunan di rumah sakit banyak yang berbahan beton, sehingga harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Cuitan ini pun mendapatkan banyak komentar dari warganet.

“Semoga setelah ini ada renovasi bangunan yang tidak membahayakan pasien dan nakes,” tutur blackey793.

“Semoga tidak ada korban, aamiin,” ujar pemilik akun @windipus.

“Ya dok, kabar kabare Malang kidul akeh omah rusak. Mugo-mugo podo selamet kabeh (ya dok, kabarnya Malang Selatan banyak rumah yang rusak. Semoga semuanya selamat),” ucap @asakir_ibn.(suara.com)

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *