Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Desa Mustika Mewakili Tanah Bumbu Lomba Lingkungan Bersih

  • Bagikan
Desa Mustika Kecamatan Kuranji ikut Lomba Lingkungan Bersih se Kalsel. (= (Sumber Foto: Kominfo Tanah Bumbu/koranbanjar.net)

Kabupaten Tanah Bumbu diwakili desa Mustika pada Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Tahun 2021.

TANAHBUMBU,koranbanjar.net – Desa Mustika mewakili Kabupaten Tanah Bumbu pada lomba tingkat provinsi itu, berasal dari Kecamatan Kuranji.

Jumat (22/10/2021), dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021.

Camat Kuranji M Amin mengungkapkan, keikutsertaan salah satu desanya di lomba tersebut merupakan hasil dukungan dari semua pihak, terutama Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dan jajaran SKPD serta Ketua TP PKK dan pengurus.

Pemerintah Kecamatan Kuranji juga selalu mendorong desa untuk terus berkembang dan memajukan wilayahnya, serta mengikuti berbagai lomba yang ada.

Terkait Desa dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), berbagai pembinaan juga terus dilakukan, dari mulai jenjang Kabupaten hingga tingkat kecamatan, dan tentunya pembinaan di Desa Mustika.

Hal ini agar masyarakat di desa bisa terus melaksanakan PHBS dan menjadikan desanya memiliki Linkungan Bersih dan Sehat (LBS).

“Berharap Desa Mustika akan mendapat penilaian yang terbaik dan sekaligus mendapat pembinaan berharga dari tim penilai Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Camat Kuranji.

Sementara itu, Koordinator Tim Penilai, Abdul Basit mengatakan kedatangan mereka untuk melihat kinerja desa yang melaksanakan PHBS yang mengikuti lomba tersebut.

Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, maka perubahan perilaku hidup bersih dan sehat menjadi modal awal menuju lingkungan bersih dan sehat.

Kedatangan tim lanjut Basit, juga tidak sekedar menilai lomba. Namun sebagai bentuk usaha bersama dalam pembinaan berjenjang dari tingkat provinsi hingga ke tingkat desa.

“Tim akan melihat secara langsung pelaksanaan PHBS di lapangan dan integrasinya dalam kehidupan masyarakat,” katanya.

Sebagai penutup, Basit menjelaskan, Desa Mustika menjadi salah satu dari 6 daerah di Kalimantan Selatan yang dilakukan verifikasi lapangan.

Pemenang lomba ini selanjutnya kan dikutsertakan dalam lomba sejenis yang dilaksanakn di tingkat nasional.

Turut mendampingi Tim Penilai, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti Zairullah, Camat dan TP PKK Karang Bintang, Dinas Kesehatan, Puskesmas Girimulya, Kepala Desa dan TP PKK Desa Mustika. (kominfotanahbumbu/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *