Advertorial

Desa Munggu Raya Menjadi Kampung KB ke-2

Kabupaten Banjar targetkan 20 Kampung KB di 2019

ASTAMBUL, KORANBANJAR.NET – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali membentuk pencanangan Kampung KB di Desa Munggu Raya, Kecamatan Astambul pada Rabu (10/10) pagi.

Camat Astambul, Jurji Zaidan, mengaku sangat mendukung dan menyambut baik program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak ini, karena akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk masyarakat.

“Kita sangat mendukung dan menyambut baik dengan dijadikannya Desa Munggu Raya ini  sebagai percontohan kampung  KB, karena akan sangat bermanfaat untuk masyarakat,”katanya.

Dipilihnya Desa Munggu Raya ini sebagai percontohan Kampung KB karena beberapa hal, diantaranya Desa Munggu Raya ini masih dikatagorikan sebagai desa tertinggal, angka stunting cukup tinggi dan kekurangan gizi,” ujarnya

BACA JUGA  Bibit Pohon Kembali Didistribusikan ke Paramasan

Ditambahkannya, Desa Munggu Raya terdiri dari 593  jiwa dari 200 KK.

Selain itu Kabid KB dan KS Alfisah menuturkan, Pihaknya menargetkan tahun 2019 nanti sebanyak 20 kampung KB, dan  di Desa  Munggu Raya menjadi desa yang kedua yang dijadikan percontohan Kampung KB.

“Dalam rangka meningkatkan kesetaraan keluarga dan masyarakat, pada tahun 2018, 20 Kampung KB  dicanangkan dan ini baru ke-2. Besok kita ke Telaga Bauntung,”ucapnya

Sementara untuk kriteria sebuah desa untuk menjadi Kampung KB adalah ada kriteria khusus dan umum.

“Kreteria khusus adalah angka kemiskinan lebih besar dari desa lainnya, sektor KB lebih rendah dari desa lainnya,” jelasnya.

Untuk kriteria umum seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat tingkat kekumuhah.

BACA JUGA  Kalsel Terus Mantapkan Persiapan Peringatan HPS ke 38

Selain itu Bupati Banjar H Khalilurahman mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan program Kampung KB ini, dan mengucapkan selamat atas terbentuknya kampung KB ini di Desa Munggu Raya ini.

Desa Minggu Raya Menjadi Kampung KB ke-2
Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, saat memberikan sambutan.

Dia juga menyampaikan, kampung KB ini merupakan intrupsi langsung oleh Presiden RI. Selain seluruh sektoral terlibat dalam pembangunan kampung KB ini, peran masyarakat juga sangat penting dalam pengembangan kampung KB ini.

“Kampung KB ini bisa dimakan kampung keroyokan, karna bukan KB aja, tapi juga kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Dan peran masyarakat sangat penting dalam mengembangkan kampung KB,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu juga berharap, dengan ditetapkan Kampung KB ini mampu memberikan jalan mengenai program-program pemerintah, sehingga masyarakat semakin aktif dan terpadu dalam mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

BACA JUGA  Penyambutan Diplomatic Tour di Banjarbaru Didaulat Paling Luar Biasa

Acara tersebut Bupati Banjar juga menyerahkan satu set komputer untuk Balai Penyuluh KB di Kecamatan Astambul. (dra)

Menampilkan lebih banyak

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close