oleh

Desa Kiram Bakal Dibangun SMA

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan menerima keinginan masyarakat Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, yang menginginkan dibangunnya Sekolah Menengah Atas (SMA) di desa mereka.

Kabid SMA Disdikbud Kalsel Muhammadun mengatakan, kehendak masyarakat Desa Kiram itu sesuai visis misi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor,  yakni Kalsel Cerdas. Pihaknya pun akan melakukan verifikasi terlebih dahulu guna langkah awal merealisasikan adanya SMA di Desa Kiram.

“Ya, harus lebih dekat lah dengan akses pendidikan. Kita akan verifikasi dahulu apakah benar banyak yang lulusan SMP atau Tsanawiyah yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya meski ada SMA namun jauh jaraknya,” ujar Muhammadun usai acara acara Workshop Guru SMA di Hotel Palm Kayutangi Banjarmasin, Rabu (25/4).

Ia melanjutkan, jika verifikasi sudah terlaksana dan sesuai yang diinginkan, pihaknya langsung merencakan pembangunan SMA pada 2019 mendatang. “Soalnya tidak mungkin langsung melakukan pembangunan di tahun ini juga,” tuturnya.

Kemudian, langkah selanjutnya setelah melakukan verifikasi pihaknya akan menanyakan masyarakat setempat apakah memang benar-benar menginginkan adanya SMA di desanya.

“Apakah masyarakat dan juga tokoh-tokoh serta kepala desa di sana menginginkan sekolah yang baru ada di sana,” ucapnya lagi.

Kemudian, lanjutnya lagi, masalah hibah tanah. “Artinya lahan untuk dibangunnya sekolah sudah ada. Kalau semua syarat-syarat itu sudah terpenuhi Inysa Allah kami akan membangun SMA di Desa Kiram,” ungkapnya.

Disinggung kapan verifikasi akan dilakukan, Muhammadun mengatakan awal bulan Juni mendatang pihaknya akan melakukan verifikasi langsung ke lapangan.

Ia menambahkan, pihak masyarakat Desa Kiram juga harus msngirimkan permohonan secara resmi ke Disdikbud Kalsel. (leo/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: