Desa Bawahan Seberang Dikunjungi TPK2D Kalimantan Selatan

  • Bagikan
Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalsel di Desa Bawahan Seberang Kecamatan Mataraman. (Sumber Foto: ist/koranbanjar.net)

Desa Bawahan Seberang Kecamatan Mataraman sebagai perwakilan Kabupaten Banjar, mendapatkan kunjungan dari Tim Penilaian Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (24/11/2021).

BANJAR,koranbanjar.net –  TPK2D Kalsel dipimpin oleh Ir Titik Haryanti, yang juga Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kalsel.

“Ini daerah ke 12 dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel, yang kami datangi untuk dilakukan penilaian,” kata Titik.

Titik Haryanti menerangkan, semua indikator penilaian sudah terpenuhi, namun masih perlu adanya penajaman dari tindak lanjut indikator tersebut, seperti pada pemenuhan hak anak disarankan agar membentuk forum anak.

“Dengan melibatkan masyarakat mendukung tugas fungsi Dinas Perlindungan Anak sehingga anak anak lebih terarah, dan juga forum ini mewakili anak menyuarakan apa saja keperluan anak sebagai pelopor nantinya,” terangnya.

Ia menambahkan, hasil dari penilaian se Kalsel bakal diumumkan beberapa hari setelah selesai penilaian di Banjarbaru besok.

“Untuk penyerahan penghargaan nanti digelar bersamaan pada Hari Ibu atau 22 Desember,” ungkapnya.

Desa Bawahan Seberang dengan total 572 jiwa dari 195 kepala keluarga (KK) sangat memenuhi indikator kualitas keluarga. Data desa setempat hanya sekali terjadi pernikahan di bawah umur rentang 2017-2021. Bahkan nihil anak putus sekolah dan bebas stunting.

Kegiatan dimulai dari kantor kepala Desa Bawahan Seberang dengan serangkaian acara sosialisasi, dilanjutkan peninjauan rumah warga, fasilitas pelayanan, dan taman kebun ketahanan pangan yang dikelola PKK desa setempat.

Kehadiran TPK2D Kalsel disambut Bupati Banjar diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banjar Hj Siti Hamidah, Tim Penggerak PKK Kal-Sel Pokja I Kartinah, Camat Mataraman, kepada desa, dan lainnya.

Masruri mengutarakan, warga Desa Bawahan Seberang sebelumnya sudah dilakukan pembinaan terlebih dahulu jauh sebelum mengikuti penilaian peningkatan kualitas keluarga.

“Kami mengharapkan penilaian ini untuk memicu Desa Bawahan Seberang menjadi lebih baik, dapat berdampak pada desa sekitar bisa meniru apa yang dilakukan desa ini,” ucap Masruri.

Keluarga, sambung dia, tidak dapat berdiri sendiri karena sangat bergantung dengan lingkungan dan juga mempengaruhi lingkungan di sekitarnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah menyatakan, sejak awal tahun di Kabupaten Banjar sudah dibentuk TP2D Banjar untuk membina warga.

“Ada 24 indikator dengan 5 komponen yang menjadi penilaian TPK2D Kalsel,” katanya.

Mulai dari pencegahan perkawinan anak bawah umur, pemenuhan hak anak atas ASI ekslusif, mendekatkan ibu pada pelayanan kesehatan.

Kemudian meningkatkan ketahanan keluarga yang terdiri 5 komponen, dan dukungan instansi pemerintah terkait dalam peningkatan kualitas keluarga.

“Jadi, pembinaan terhadap warga Desa Bawahan Seberang ini mendapatkan dukungan semua pihak dari kabupaten hingga desa,” ungkapnya. (dya)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *