oleh

Dengan Si Harat, Membuat SIM Dan SKCK Tak Perlu Antri Lagi

BANJARBARU – Untuk melayani masyarakat Banjabaru lebih prima dan quick respon, Polres Banjarbaru meluncurkan aplikasi Si Harat dengan memiliki 20 keunggulan yang bisa langsung didownload melalui handphone.

Aplikasi Si Harat sendiri diambil dari bahasa banjar, yang artinya Si Hebat.

Dengan aplikasi Si Harat, kini masyarakat Banjarbaru yang ingin membuat SIM tidak perlu lagi mengantri, hanya cukup dengan mengisi data melalui aplikasi itu saja.

“Bagi yang ingin membuat SIM, isi data melalui aplikasi saja. Dalam waktu 3 hari datang ke Polres. Tidak perlu antri lagi, hanya 2 menit saja langsung dicetak. Namun tetap mengikuti tes tertulis dan pratek,” ucap Kapolres Banjabaru AKBP Kelana Jaya.

Selain pelayanan pembuatan SIM, pelayanan pembuatan SKCK pun juga ada didalam aplikasi itu.

“Kalau SKCK tahapannya juga sama, mengisi data melalui aplikasi Si Harat, kemudian dalam waktu 3 hari bawa ke Polres, lalu tunjukan. Cukup 5 menit saja jadi,” ujar Kelana.

Aplikasi Si Harat juga dilengkapi dengan fitur pengaduan masyarakat apabila dalam keadaan mendesak atau dalam bahaya.

“Fitur pengaduan tersebut ada namanya, yaitu Panic Button. Jadi dengan menekan tombol Panic Button akan muncul suara langsung dari handphone semua petugas atau seluruh anggota Polres,” ungkapnya.

Aplikasi tersebut juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota untuk memudahkan masyarakat yang bermasalah dalam mencari lokasi seperti menunjukan kantor polisi, kantor pemerintah, tempat makan, dan tempat wisata dan lain-lain. (maf)

Dari Rubrik Pilihan: