Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Dear Parents, Inilah 6 Manfaat Makan Bersama Bagi Anak!

  • Bagikan
Ilustrasi makan bersama keluarga. (Shutterstock)
Ilustrasi makan bersama keluarga. (Shutterstock)

Makan bersama mungkin merupakan cara terbaik untuk lebih dekat dengan keluarga. Apa lagi jika dilakukan sebagai sebuah kebiasaan. Tahukah Anda, memiliki kebiasaan makan bersama ternyata dapat meningkatkan prestasi akademik anak-anak, harga diri, dan dapat mengurangi rasa depresi atau kenakalan remaja lainnya, lho.

Koranbanjar.net – Meluangkan beberapa menit untuk memberikan koneksi yang tepat saat makan bersama juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental semua anggota keluarga.

Penasaran dengan manfaat lain dari makan bersama? Ini dia, seperti dilansir dari laman Parents.

1. Mengajarkan anak kebiasaan makan yang lebih baik

Makan bersama keluarga dikaitkan dengan pola makan yang lebih baik secara menyeluruh, terutama bagi anak remaja. Remaja yang makan bersama keluarga lebih cenderung mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta lebih sedikit mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis.

2. Dapat mencegah masalah psikososial yang serius

Sering makan malam bersama keluarga dapat mencegah masalah dengan gangguan makan, alkohol, dan penggunaan zat berbahaya, perilaku kekerasan, depresi, dan pikiran untuk bunuh diri pada remaja. Karena saat makan bersama, salah satu anggota keluarga akan memberikan nasihat atau nilai yang penting pada remaja, seperti apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

3. Dapat meningkatkan harga diri anak

Keamanan yang diberikan dalam hal kecil secara teratur dapat membantu anak merasa lebih percaya diri. Misalnya dengan mendorong anak-anak untuk berbicara tentang harinya.

Berkomunikasi antar anggota keluarga akan menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati. Selain itu, Anda juga dapat melatih anak untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan waktu makan malam, seperti mengatur meja, menyajikan makanan, atau mencuci piring setelah makan.

4. Dapat digunakan untuk melengkapi terapi keluarga

Bagi keluarga, menjalankan terapi bersama dengan kebiasaan makan malam dapat memberikan wawasan berharga serta pelajaran tentang pola dan peran dalam kehidupan.

5. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Usia anak-anak remaja sangat gemar berbicara. Pengalaman makan bersama ini selain memberikan kesehatan, kebugaran, juga dapat membangun interaksi sosial dan diskusi tentang isu-isu terkini yang dapat membuat anak menjadi komunikator yang lebih baik.

6. Dapat membantu anak bangkit kembali dari cyberbullying

Saat ini banyak anak muda yang mengalami cyberbullying, itu adalah masalah besar. Namun, remaja yang makan bersama keluarga akan lebih mudah terbuka atas masalah yang dialami akibat intimidasi. Kontak keluarga secara teratur memfasilitasi lebih banyak bimbingan orangtua dan komunikasi terbuka antara anak-anak dan orangtua. (suara/Naomi Elisa)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *