Danrem 101-Antasari; Jangan Ragukan Netralitas TNI-Polri  

Unsur Forkopimda melakukan pemantauan PSU di Kabupaten Banjar. (foto: ist)
Unsur Forkopimda melakukan pemantauan PSU di Kabupaten Banjar. (foto: ist)

Danrem 101-Ant Brigjen TNl Firmansyah melaksanakan monitoring dan peninjauan TPS-TPS di tempat Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tiga wilayah pelaksanaan PSU.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Pesta Demokrasi, Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan digelar Rabu, 9 Juni 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa monitoring dan peninjauan pelaksanaan PSU di TPS-TPS di tiga wilayah yakni, Kota Banjarmasin di TPS 07 Jl. Raya Banjar lndah Permai Gedung Mapenda Kemenag Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kabupaten Banjar di TPS 07 Sekumpul Martapura dan Kabupaten Tapin TPS 01 Pendopo Kantor Lama Kelurahan Binuang Kecamatan Binuang.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan bahwa, kesiapan TNI dalam mendukung Polda Kalsel dalam pengamanan pelaksanaan PSU pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel melibatkan sejumlah personel dari masing-masing wilayah di jajaran Korem 101/Antasari.

“Untuk di wilayah Banjarmasin akan dibackup Kodim 1007/Banjarmasin, Kabupaten Banjar akan dibackup Kodim 1006/Martapura dan untuk wilayah Kabupaten Tapin akan dibackup Kodim 1010/Rantau,” terangnya.

Pengerahan personel berjumlah 575 personel lanjutnya, terdiri dari Makorem 90 personel, Kodim 1006/Martapura 300 personel, Kodim 1007/Banjarmasin 125 personel dan Kodim 1010/Rantau 60 personel.

Selain 575 personel yang backup Polda Kalsel, Korem 101/Antasari juga dipersiapkan personel cadangan  terdiri dari Prajurit Korem 101/Antasari, Yonif 623/BWU dan juga Denzipur 8/GM, personel tersebut dipersiapkan apabila terjadi perkembangan situasi di lapangan dan siap untuk digerakkan

“Netralitas TNI/Polri jangan diragukan, siapa pun yang terpilih itu merupakan pilihan rakyat dan menjadi pemimpin rakyat Kalimantan Selatan  yang nanti akan menjadi mitra kami di Forkopimda,” tegasnya.

Sementara prajurit cadangan melaksanakan stanby di Makorem 101/Antasari dan siap bergerak apabila diperlukan, serta melaksanakan patroli keliling guna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang menonjol di lapangan.

Selain Danrem 101/Antasari, peninjauan PSU juga dihadiri Pj. Gubernur Kalsel beserta unsur Forkopimda Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kapolda Kalsel, Danlanud Syamsudin Noor, Perwakilan Lanal Banjarmasin, Ketua KPU dan Bawaslu. (yon/sir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *