Kalsel  

Dana Stimulus Rp5,4 Miliar Dikucurkan Kepada Petani di Kalsel

Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kalsel menggelontorkan dana Rp 5,4 miliar penguatan ketahanan pangan petani tujuh kabupaten/kota, Rabu (5/4/2023). (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura menggelontorkan dana Rp 5,4 miliar lebih untuk penguatan ketahanan pangan petani pada tujuh kabupaten/kota.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kebijakan ini merupakan salah satu komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin untuk menguatkan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani melalui dana stimulus.

Tujuh daerah penerima bantuan yang disalurkan Pemprov Kalsel melalui kelompok tani (Poktan) ini yakni Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Tanah Bumbu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan, pemberian dana stimulus ini bertujuan agar produktivitas hasil pangan terus meningkat sehingga pendapatan petani pun bertambah.

Namun Syamsir mengingatkan, keberhasilan bantuan ini sangat tergantung pada peran kepala daerah yang bersangkutan dalam memonitor dan mengawasi pemanfaatan dana yang diberikan.

“Jangan tidak dipantau, karena tanggung jawab ketahanan pangan itu ada di tangan bupati atau walikotanya,” ungkap Syamsir di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan yang berlangsung di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pada Rabu (5/4/2023).

Langkah Pemprov Kalsel dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas pertanian ini mendapat respon positif masyakarat petani, karena merasa sangat terbantu dengan kebijakan ini.

Seperti diakui Suharto, salah satu anggota Poktan Bumi Pusaka Kota Banjarbaru yang menyakini bantuan dana stimulus Rp 5,4 miliar ini mampu menopang ketahanan pangan di tempatnya, maupun Kalsel umumnya. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *