Dampak Asap Karhutla, PMI Balangan Bagi Masker

oleh -151 views
[02.35, 5/9/2019] +62 896-6072-3569: [04.12, 5/9/2019] +62 896-6072-3569: Dampak Asap Karhutla, PMI Balangan Bagi Masker
PMI Balangan bagikan masker di Jalan A Yani Paringin. (Foto: Maulana/koranbanjar.net)

PARINGIN, koranbanjar.net – Kabut asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sangat mengganggu aktivitas masyarakat Balangan akhir-akhir ini.

Menanggapi fenomena ini PMI Balangan, membagikan masker gratis kepada masyarakat pengguna lalu lintas di sekitar Jalan A. Yani, Paringin, Kamis (5/9/2019).

Kepala Markas PMI Balangan, Rizky Amelia mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menghindari bahaya asap dari pembakaran lahan pertanian yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Kita himbau juga bagi para petani agar tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan,” ucapnya.

Menurut pantauan koranbanjar.net dalam bulan September ini asap yang menutupi pandangan sekaligus membawa zat berbahaya untuk kesehatan memang sering menimpa masyarakat Balangan. Selain menyakitkan mata, asap tersebut juga rawan menyebabkan penyakit Ispa.

Ditambah lagi cuaca panas berkepanjangan sehingga debu beserta asap menjadi satu.

Pembagian masker oleh PMI Balangan membantu masyarakat mencegah penyakit dan membiasakan menggunakan masker setiap kali bepergian.

“Hindari dan cegah penyakit mata, pernapasan dan tenggorokan dengan pakai masker,” kata Rizky Amelia. (mj-25/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan