oleh

Cipta Kondisi Bulan Ramadan, Polres Banjarbaru Amankan Pelaku Balap Liar

-Banjarbaru-37 views

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET  –  Baru beberapa hari bulan Ramadan 1439 H dimulai, Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru sudah dijadikan arena balap liar oleh para remaja.

Alhasil sebanyak 27 unit kendaraan roda dua diamankan satuan Polres Banjarbaru saat melaksanakan giat Unit Kecil Lengak (UKL) dalam rangka Cipta Kondisi di bulan Ramadhan 1439 H Sabtu (19/05) dini hari.

Sebanyak 47 personil Polres Banjarbaru dan 5 orang personil TNI dikerahkan untuk mengamankan dengan sasaran balap liar di Lapangan Dr. Murdjani Kota Banjarbaru.

Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf Mamuaya saat memberikan pembinaan kepada pelaku balap liar

Giat UKL tersebut, dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Banjarbaru, Kompol Mujiono didampingi Kasat Lantas, Kasat Reskrim, dan Kasat Sabhara Polres Banjarbaru.

Sebanyak 27 unit kendaraan roda dua yang diantaranya menggunakan knalpot blong, tidak dilengkapi dengan surat menyurat seperti STNK dan SIM, dan tidak menggunakan perlengakapan kendaraan lainnya.

“Temuan pertama knalpot blong, kemudian tidak dilengkapi surat menyurat dan perlengkapan lainnya kita amankan,” ujar Kabag Ops Polres Banjarbaru, Kompol Mujiono.

Rata-rata pelaku balap liar yang diamankan oleh petugas ini, masih berusia belasan sampai dua puluhan.

Seringnya laporan dari masyarakat Banjarbaru yang terganggu dengan aktivitas mereka dan beberapa jalan yang mungkin diindikasikan digunakan sebagai arena balap liar, maka Polres Banjarbaru selama bulan Ramadan ini akan selalu melakukan razia.

“Makanya kita adakan razia dan pemeriksaan di sini, karena lapangan dipakai arena balap liar dan tidak ada untungnya. Karena disinikan untuk tempat hiburan, dan akan membahayakan orang lain apabila digunakan balap liar, dan juga berbahaya bagi pengguna jalan,” terangnya.

Untuk itu, para pelaku balap liar akan diberikan pembinaan dan dilakukan pemanggilan orang tuanya agar tahu kegiatan yang dilakukan anaknya apabila sedang di luar rumah.

“Ya saya mengimbau untuk masyarakat kita terutama para orang tua agar menjaga anak-anak kita dan keluarga kita. Kita harus mengetahui tujuan anak kita kemana, dan agar dilengkapi surat-surat sepeda motor dan tidak menggunakan knalpot blong,” pesannya.(maf/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: