Baznas

Cetak Wirausaha Profesional, Kementan Lakukan Latsar Pengelolaan Keuangan YESS di Kalsel

  • Bagikan

Untuk mencetak wirausaha profesional, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui SMKPP Banjarbaru, memberikan pelatihan dasar bagi Pelatih Pengelola Keuangan Program YESS di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

BANJARBARU,koranbanjar.net – Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) adalah program Kementan, bekerjasama dengan IFAD, yang bertujuan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian.

Ada 4 provinsi yang menjadi lokasi dari program YESS, yakni Kalimantan Selatan (Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu).

Berikutnya, Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di Tanah Air.

Karenanya Mentan menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian.

BACA:  Jelang HUT RI, Paskibraka Kota Banjarbaru Resmi Dikukuhkan

“Telah banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang juga penanggung jawab YESS, menyatakan program ini dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian.

Juga, menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Keberhasilan program YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan demikian maka pengelolaannya harus dilakukan dengan baik, oleh tenaga yang professional dan berkomitmen tinggi,” tutur Dedi.

BACA:  Momen HUT RI ke 76, Kementan Berikan Penghargaan Insan Pertanian

Untuk menunjang keberhasilan tersebut, SMKPP Banjarbaru selaku Project Provincial Implementation Unit Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pelatihan dasar bagi Pelatih Pengelola Keuangan Program YESS di Provinsi Kalsel.

Pelatihan dasar kali ini digelar di Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang selama 5 hari, sejak Rabu (11/8/2021).

Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Binuang, Yulia Asni Kurniawati. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat.

“Karena untuk berusaha di bidang pertanian perlu dengan perencanaan usaha dan menilai kelayakan usaha yang akan diusahakan setelah mereka mengetahui peluang pasar yang bisa menguntungkan,” ujarnya.

Project Manager (PM) PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana menambahkan, nantinya penerima manfaat dari Program YESS dapat didampingi oleh fasilitator.

BACA:  Obat Warga Isoman belum Lengkap, Dewan Minta Pemko Banjarbaru Evaluasi Layanan

“Khususnya terkait program lahirnya wirausahawan muda pertanian dan tenaga pertanian yang terampil serta produktif dapat terwujud,” terangnya.

Pelatihan ini diikuti 24 peserta yang merupakan Fasilitator, mobilizer, dan pendamping petani di 3 kabupaten Program YESS di Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu).

Selain itu selama pelatihan peserta tentunya telah swab antigen dan harus mematuhi protokol kesehatan.

“Dalam pelatihan dasar ini kami bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Balai Besar Peningkatan Produktivitas dan BBPP Binuang, paparnya.

Peserta, lanjut dia, mendapatkan materi diantaranya tentang Basic TOT, Pengelolaan Keungan Tingkat Dasar, Tabungan dan Investasi, Mengenal Peluang Usaha Pertanian, dan Kewirausahaan Pemula. (timhumassmkppnbanjarbaru/dya)

(Visited 15 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 15 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *