Beginilah Cermin Pembangunan di Pintu Gerbang Kalsel, Jalan Rusak Parah

Kawasan memasuki Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
Kawasan memasuki Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Jalan tol Trisakti merupakan fasilitas yang sering digunakan masyarakat Kalimantan Selatan sebagai jalur alternatif menuju pelabuhan Trisakti yang merupakan tempat pemberhentian kapal dari luar pulau kalimantan. Namun sayang jalan tol atau Jl Soebardjo tersebut hampir tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Selain rusak parah, juga sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Padahal jalan tersebut merupakan cermin pembangunan di Kalsel, karena merupakan pintu gerbang memasuki wilayah Kalimantan Selatan.

Menurut salah seorang pedagang yang mangkal di kawasan itu, Yurdhan, di kawasan itu sering terjadi kecelakaan, apalagi ketika waktu Jumat tengah hari rawan kecelakaan, karena jalan tol jarang dirawat pemerintah hingga fasilitas pun kurang terawat.

Banyak dari fasilitas yang kurang memenuhi dari jalan tol tersebut sehingga sering menimbulkan kecelakaan dan kurangnya perawatan yang berada di tengah jalur jalan tol, bahkan pengamanannya pun tidak ada sama sekali hingga menyebabkan kelalaian masyarakat sekitar melawan arus balik.

Hal senada dikemukakan warga Banjarmasin, Muhammad Noor dan Muhammad As’ad. “Di sana tol tersebut banyak kurang fasilitas, penjagaan dan sering terjadi begal serta pembunuhan yang merupakan hal yang buruk bagi masyarakat Kalimantan Selatan sendiri,” ujar dua warga tersebut.

Hingga saat ini jalan tol Trisakti tersebut belum diperbaiki dan tidak dilengkapi Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga gelap. Pembatas jalannya pun kurang dan masih berbentuk tanah yang ditumbuhi rumput liar yang menutupi sekitar jalan.(mr-22/sir)

BeritaTerkait