Tak Berkategori  

Cek Kualitas Air Riam Kanan Menggunakan Water Quality Monitor

MARTAPURA, KORAN BANJAR.NET – Tahura sultan Adam bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Kalsel melakukan uji air di sejumlah titik menggunakan Alat Water Quality Monitor di waduk riam kanan, Minggu (18/11). Uji air ini dilakukan berkaitan dengan rencana pembangunan penangkaran rusa dan bekantan di tempat tersebut.

Dalam uji air tersebut diketahui keasaman air di sekitar Pulau Rusa pH-nya 8,2, sedangkan di Pulau Bekantan 8,4 pH. Selain Waduk Riam Kanan, pada Dam intake yang ada di Desa Belangian juga dilakukan uji air. Sebagai sumber air minum bagi warga, kualitas air memang harus diketahui dengan pasti. Dan setelah dilakukan pengukuran memiliki pH 7,8-8,3 dengan kepekatan kandungan partikel rendah.

Menurut tim dari Dinas ESDM, kondisi sekitar pengambilan sampel air di Waduk Riam Kanan untuk kelayakan konsumsi perlu dilakukan pengujian kimia dan biologi agar diketahui kandungan logam berat maupun mikro organisme.

Sedangkan air pada Dam Intake yang ada di Belangian, menurut pengujian secara langsung di lapangan tersebut diketahui bahwa kondisi airnya masih dapat digunakan sebagai air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. Sedangkan debit air yang melimpah ruah dapat digunakan untuk keperluan pertanian/perkebunan masyarakat.

Kepala Tahura Sultan Adam Ir Hj Sri Wuryati MS yang mendampingi orientasi di lapangan mengatakan, dengan adanya uji air ini akan membantu masyarakat untuk menentukan potensi tanaman yang akan dibudidayakan dengan kondisi air yang tersedia. (dishutprovkalsel)