Baznas

Cegah Virus COVID-19, Daun Sungkai Kini Diburu Masyarakat

  • Bagikan
Pohon dan daun sungkai.
Pohon dan daun sungkai.

Daun Sungkai muda atau yang sering disebut masyarakat Daun Lurus kini ramai diburu warga, termasuk warga Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Karena daun tersebut diyakini memiliki khasiat dapat mencegah virus COVID-19.

BARABAI, koranbanjar.net – Warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan meyakini daun rurus muda ini bisa menangkal virus Corona (COVID-19) , namun secara ilmiah belum terbukti benar adanya.

Daun lurus memiliki nama latin peronema canescens memiliki tekstur daun yang kasar dengan panjang daun berkisar dari 10 CM hingga 30 CM dengan lebar antara 3 hingga 7 cm.

BACA:  Ternyata Istri Gubernur & Sederet Pejabat pernah Merawat Kecantikannya di Widya Esthetic Clinic

Banyak warga yang meyakini daun lurus itu bisa mencegah virus Corona, salah satunya Zali (29), warga Kabupaten HST. Dia mengaku, kalau di gunung jauh dari perkotaan, biasanya kalau sakit daun lurus tidak pernah ketinggalan menjadi obat tradisional masyarakat.

Daun Sungkai
Daun Sungkai

“Banyak sih yang memakai daun lurus untuk obat demam, sakit kepala, sakit gigi, sakit gigi, asma bahkan penyakit kulit seperti panu,” ungkapnya.

Lain penyakit lain juga cara penyajiannya, kalau untuk mencegah COVID-19, daun lurus muda atau daun sungkai direbus hingga mendidih dan air didihannya di minum. “Tapi memang kalau uji klinis daun ini belum terbukti berhasil 100 % untuk Corona, yang penting kita tetap ikhtiar karena semua penyakit pasti ada obatnya dan tumbuhan liar semacam ini pasti ada manfaatnya. Siapa tahu benar adanya,” harap dia.

BACA:  PENZIARAH DATUK KELAMPAYAN MEMBLUDAK

Daun yang sering tumbuh di semak belukar, bahkan hutan ini memilik pohon dengan ketinggian maksimal 30 meter. Selain daunnya, batangnya pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga seperti lemari, pintu, jendela dan lainnya.(mj-41/sir)

 

(Visited 19 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 19 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *