Advertorial

Cegah Kejahatan Hutan, Gunakan Cara Persuasif, Kecuali Seperti Ini

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Pembinaan dan rapat MMP wilayah Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, dimulai. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kasi Perlindungan Hutan, secara garis besar menjelaskan jumlah dan asal anggota MMP, pembentukan dan pengukuhan oleh KPH Pulau Laut Sebuku. Agenda kegiatan ini disambut baik dan antusias oleh anggota MMP serta aparatur desa, di Balai Desa Kanibungan Pulau Laut Sebuku, Kotabaru.

Dijelaskan dalam sambutan, anggota MMP telah dibekali aturan Perundang-undangan tentang kehutanan, mereka juga dibekali kemampuan teknis berupa pemotretan dengan menggunakan aplikasi handphone yang berbasis data satelit, yaitu aplikasi Open Camera dan aplikasi Avenza yang merupakan aplikasi umum yang dipakai Dinas Kehutanan untuk mengetahui posisi secara terkoordinat, yang  sangat berguna dalam tugas MMP di lapangan.

Kepala KPH PLS Dewi Wulansari mengatakan, fungsi MMP bermitra dengan KPH utamanya Polhut yang tugasnya secara umum melakukan perlindungan hutan, namun perlu ditekankan bahwa MMP jangan melakukan upaya represif, namun lebih ke arah persuasif dan preventif. Atau pencegahan dalam penanganan kejahatan kehutanan, terkecuali didampingi anggota Polhut pembina atau dalam keadaan operasi bersama-sama dengan aparatur terkait.

Selesai pembinaan, acara dilanjutkan dengan pemberian buku kumpulan peraturan pengamanan hutan dan kumpulan peraturan kebakaran hutan yang secara simbolis diterima Kepala Desa Kanibungan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian seragam MMP yang secara simbolis diserahkan Kepala KPH kepada perwakilan MMP.(dishutkalsel/sir)

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Close