Cegah Kanker Serviks, TP PKK Banjar Imbau Para Wanita Jangan Enggan Periksa Kesehatan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Budiarti Nasrun Syah mengatakan, kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara.

Hal itu ia ungkapkan saat memberikan sambutan mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar di kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA),
Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-140 dan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bersama Tim Penggerak PKK Banjar, di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A, Martapura, Jumat (26/4/2019).

Untuk itu, jelas Budiarti, pentingnya dilaksanakannya pemeriksaan IVA dengan tujuan mengetahui sudah amankah dari bahaya kanker serviks, khususnya warga binaan di LPP Martapura.

Cegah Kanker Serviks, TP PKK Banjar Imbau Para Wanita Jangan Enggan Periksa Kesehatan.
Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A, Martapura, bergiliran memasuk ruang pemeriksaan IVA, Jumat (26/4/2019). (foto: asfi/koranbanjar.net)

“Dengan mengikuti kegiatan pemeriksaan IVA ini, kita dapat mengetahui apakah kita sudah aman dari kanker serviks atau tidak, serta tahu gejala awalnya, sehingga dapat dicegah dan langsung diobati dengan cepat dan tuntas,” ujarnya.

“Perlu saya sampaikan, berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Dari jumlah tersebut, 10 persen terjadi karena kanker serviks,” sambung Budiarti.

Budiarti berpesan kepada warga binaan, agar tidak takut dan malu mengikuti pemeriksaan IVA. Ia meyakinkan, jika ada yang positif terkena penyakit kanker serviks, bisa diobati dengan tuntas.

“Saya berpesan kepada warga binaan, agar jangan takut dan malu mengikuti kegiatan pemeriksaan IVA. Ayo beranikan diri, walaupun nanti ada yang positif, Insya Allah bisa kita obati dengan tuntas,” pungkasnya

Budiarti pada kesempatan itu juga memberikan semangat kepada seluruh petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan secara khusus terhadap kanker serviks.

“Saya minta kepada petugas kesehatan, baik para dokter, bidan dan tenaga kesehatan lainnya agar tetap bersemangat dan bekerja keras, serta bekerja ikhlas, khususnya dalam memberikan pelayanan terhadap kanker serviks,” pintanya.

Mengakhiri sambutannya, Budiarti Nasrun Syah menghimbau kepada semua agar senantiasa membiasakan pola hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit. (fia/dra)

Read Previous

Besok Sabtu, 2 TPS di Desa Mangkauk Laksanakan Pencoblosan Ulang

Read Next

Masuk Urutan 5 Besar, Caleg Gerindra Optimis Duduki Kursi DPR RI

Tinggalkan Balasan