oleh

Cegah DBD, HSS Akan Aktifkan Lagi Gerakan PSN

KANDANGAN, koranbanjar.net – Upaya mencegah penyebaran wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD), Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) akan aktifkan kembali gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

PSN biasa rutin digelar Jumat pagi, dengan gotong-royong membersihkan lingkungan, utamanya tempat-tempat yang berpotensi menjadi perkembangbiakan nyamuk.

“Setelah ini mulai sekarang, kita akan mengaktifkan lagi gerakan PSN, yang biasa dilaksanakan tiap Jumat pagi,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry usai rapat koordinasi gabungan awal tahun Pemkab HSS, Selasa (7/1/2020) di Pendopo Kabupaten.

Hal ini terangnya, dilakukan dalam upaya mencegah nyamuk penyebab virus DBD bersarang, sehingga mencegah masyarakat menjadi korban.

“Apabila memang terjadi juga, kita minta kawan-kawan di Puskesmas dan Poskesdes untuk mengawal warga kita yang terserang DBD, untuk segera dirujuk ke rumah sakit. Gejala yang terjadi seperti panas, secepatnya ditangani,” tuturnya.

Wabah DBD ini terangnya, memang rutin terjadi tiap musim penghujan. Sehingga sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan perlu adanya penanggulangan dan pencegahan sejak dini. (yat)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: