Bupati Tanah Bumbu Dikunjungi Kolega Bupati Barito Timur

Bupati Tanah Bumbu HM Zakrullah Azhar menerima kunjungan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl. Dharma Praja Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Rabu (19/10/2022). (Sumber Foto: Koinfo Kabupaten Tanah Bumbu/koranbanjar.net)

Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) HM Zakrullah Azhar menerima kunjungan dari Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl. Dharma Praja Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Rabu (19/10/2022).

TANAHBUMBU, koranbanjar.net – Terlihat wajah ceria Bupati Tanbu, Abah HM Zairullah Azhar saat menyambut datangnya Bupati Bartim, Ampera bersama rombongan di Bumi Bersujud.

Kunjungan ini diketahui untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan ekonomi kerakyatan pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan.

Bupati Bartim membawa serta jajaran Kepala SKPDnya dalam rombongan, bersama dengan para Penyuluh Pertanian. Mereka tiba sekitar pukul 11.20 Wita, dengan jumlah sekitar 50 orang dengan menggunakan transportasi darat.

Bupati Abah Zairullah menyebutkan, kunjungan itu merupakan sebuah berkah bagi daerah.

“Hari ini kita kedatangan tamu yang membawa berkah yaitu Barito Timur, merupakan kabupaten yang terbangun setahun lebih awal daripada Kabupaten Tahun Bumbu,” ujar Bupati.

Dalam sejarah perjalanan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu diungkapkan oleh Zairullah, dulunya sempat mengalami minus pendapatan sekitar 1,8 persen, namun kini berhasil berkembang jauh lebih baik.

Ia juga menjabarkan terkait fokus program kerja terkini Pemkab Tanbu yaitu pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Kemudian Bupati Bartim, Ampera, A.Y. Mebas, ditemani Munita Mustika Dewi selaku Ketua TP PKK Bartim, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kabupaten itu memiliki 10 kecamatan dan 101 desa.

“Walaupun daerah pemekaran, Barito Timur merupakan daerah berpenghasilan dari pertanian dan kebun karet. Kami juga aktif memproduksi gabah,” katanya.

Oleh karenanya, Tanah Bumbu menjadi acuan kemajuan pertanian, ada banyak kawasan sawit di Tanah Bumbu ini. Rencananya Barito Timur juga akan membuka sawit masyarakat seluas 800 hektar dan akan dibuatkan kriterianya.

Rencananya Barito Timur akan melakukan pengembangan di berbagai aspek, salah satu yang turut disinggung oleh Bupati Ampera mengenai perkembangan industri.

“Pada tahun ini kami juga melakukan pembenahan dan pembinaan Bundesmart atau usaha desa,”ungkap Bupati Ampera.

Kabupaten Bartim, Provinsi Kalimantan Tengah, pada tahun 2020 menunjukkan, angka penduduk kabupaten ini berjumlah 113.229 jiwa, dengan kepadatan 30 jiwa/km² dan terus berkembang.

Sedangkan Tanbu sendiri merupakan penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan, dan pendongkrak penghasilan juga dari luasan perkebuhan sawit, pertanian dan industri pertambangan. Tanah Bumbu memiliki luas kurang lebih 5.200 km², populasi penduduk 375.000 jiwa, ada 13 Kecamatan dan 171 desa.

Turut berhadir dalam kegiatan itu, Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat serta pejabat Pemerintah Desa, Komite Percepatan Pembangunan Daerah dan tamu undangan. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *