oleh

Bupati Resmikan Intake Air Baku Karang Intan

KARANG INTAN,KORANBANJAR.NET – Bupati Banjar, H Khalilurrahman telah meresmikan pembangunan Intake Air Baku Karang Intan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus melakukan serahterima Bantuan Alat Mesin Pertanian dari Kementrian Pertanian di Bendungan Karang Intan Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar,.Selasa (25/09/2018) sore.

Kegiatan tersebut juga dihadiri BPK RI, Prof. Dr. H. Rizal Djalil, M.M, anggota Komisi XI DPR RI, Drs. H. Saiful Rasyid, MM, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Kalimantan II, Dwi Purwantoro ST. MT, dan Kepala Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Ir. Tri Susetyo, MM.

Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat, atas dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai lokasi SPAM Regional Banjarbakula, yang dilaksanakan di dua lokasi, salah satunya di Bendungan Karang Intan Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan.

Pembangunan ini dalam rangka memenuhi ketersediaan air baku dan pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs).

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan sarana pertanian, yang telah memberikan 144 buah bantuan alsintan danDirektorat Jenderal Tanaman Pangan sebanyak 11 alsintan kepada Kabupaten Banjar. Pemberian alsintan ini adalah bukti keseriusan pemerintah untuk mendukung para petani dalam rangka mengembangkan usaha taninya,”katanya

Khalilurrahman juga menambahkan, Kabupaten Banjar merupakan lumbung pangan di Kalimantan Selatan atau dikenal sebagai “KINDAI LIMPUAR”

Karena itu, dengan adanya bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ini diharapkan dapat meningkatkan luas tanam dan mutu usaha tani, sehingga tidak hanya meringankan pekerjaan para petani, akan tetapi juga meningkatkan produktifitas dan produksi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Banjar juga menjelaskan, Kabupaten Banjar memiliki luas wilayah ± 4.668,50 Km2, dengan 20 Kecamatan, 277 desa, 13 Kelurahan dan berpenduduk sebanyak 554.443 jiwa. Sebagian besar masyarakat Kabupaten Banjar bermata pencaharian di bidang pertanian.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Banjar sedang giat melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah, dengan prioritas utama pembangunan meliputi tiga sektor yaitu, sektor pendidikan, kesehatan dan infra-struktur,” ucapnya.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik dari dinas terkait, camat, pambakal, untuk bersama-sama memanfaatkan serta memelihara bantuan yang telah diberikan oleh kementerian ini, dengan sebaik-baiknya. Dengan harapan kedepannya masyarakat Kabupaten Banjar semakin Sejahtera dan Barokah.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: