oleh

Bupati Ingin ASN Batola Jadi Pelopor Bayar Pajak

MARABAHAN, Koranbanjar.net – Bupati Barito Kuala (Batola) Noormiliyani AS menginginkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Batola menjadi pelopor bayar pajak, baik pajak daerah, pajak pusat, maupun pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Membayar PBB saat ini sudah sangat mudah dan tersedia dengan berbagai cara, seperti melalui teller atau ATM Bank Kalsel, M-Banking, atau bisa melalui aplikasi Gojek,” katanya saat apel di halaman Kantor Setdakab Batola, Marabahan, Senin (17/2/2020) pagi, bertepatan dengan Pekan Panutan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan Pembayaran PBB Online Batola 2020.

Terkait SPT, dikatakan Noormiliyani, merupakan sarana bagi wajib pajak dalam melaporkan pembayaran pajaknya setiap tahun.

“Sistem pemungutan pajak dengan prinsip self assessment memberikan wewenang, kepercayaan, dan tanggung jawab kepada para wajib pajak untuk menghitung, membayar, hingga melaporkan sendiri nilai pajak yang harus dibayar,” paparnya.

Saat ini, sambung bupati, SPT PPh wajib pajak orang pribadi bagi ASN harus disampaikan secara online dan real time melalui aplikasi e-Filing atau e-Form di website resmi Direktorat Jenderal Pajak. Sedangkan pembayaran atau penyetoran pajaknya harus dilakukan sebelum SPT disampaikan. Batas waktu pelaporan SPT dilakukan pada akhir bulan ketiga (31 Maret).

Pekan Panutan Pelaporan SPT dan Pembayaran PBB Online Batola 2020 dirangkai dengan penandatangan MoU penyediaan sewa alat perekaman data transaksi usaha. Penandatanganan dilakukan Kepala BP2RD Batola, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Marabahan, dan Direktur PT Cartenz Technology Jakarta, di hadapan Noormiliyani beserta wakilnya, Rahmadian Noor.

Alat perekam data transaksi usaha akan ditempatkan di hotel, rumah makan, dan tempat-tempat lainnya yang menjadi objek pajak daerah. “Sehingga transaksi usaha bisa terekam secara real. Itu untuk bahan pelaporan pengenaan pajak daerah yang harus disetor guna meningkatkan pendapatan asli daerah,” katanya.

Pada Pekan Panutan Pelaporan SPT dan Pembayaran PBB Online itu, Bupati Noormiliyani berkesempatan melakukan pembayaran perdana PBB secara online. Pembayaran dilakukan di hadapan seluruh peserta upacara. (dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: