BNN

Bupati Hulu Sungai Selatan Syukuran Tanam Padi di Lahan Rawa Lebak

  • Bagikan
Bupati HSS dan Forkopimda lakukan tanam padi, Selasa (27/7/2021). (Sumber foto: Kominfo HSS)

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H Achmad Fikry MAP menghadiri syukuran tanam padi di lahan rawa lebak dengan menggunakan inovasi yaitu Ka’bah Wilda (Kayapu membawa Berkah Wilayah Daha) pemanfaatan kayapu sebagai mulsa, di Kelompok Tani (Poktan) Cinta Maju Desa Hamayung, Kecamatan Daha Utara, Selasa (27/6/2021).

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Bupati HSS tanam padi di lahan rawa lebak dengan didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad SAP MA, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor SP dan Kapolsek Daha Utara serta Danramil Daha Utara.

Turut berhadir, Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda HSS Sasmi Rifani MAP, Kepala Badan Statistik (BPS) HSS Ir Muchyar, MP, Kepala Bappelitbangda HSS Arlian Syahrial MPd, Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Hj Siti Zainab, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Ika Aguspiannor SSos MIP,

Para Kepala Bidang dan staf Dinas Pertanian HSS, Para Penyuluh serta para ketua kelompok tani daha utara dan seluruh undangan berhadir.

Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor mengatakan, terkait dengan inovasi tanaman padi dengan kayapu dimana untuk inovasi ini sudah dikembangkan dan diterapkan oleh masyarakat kita yang ada di 3 Daha yaitu Daha Selatan, Daha utara dan Daha Barat.

BACA:  Sekda Hulu Sungai Selatan Pimpin Rapat Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah

Luasan inovasi pengembangan padi dengan kayapu ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat kita di 3 daha seluas 2.957 ha dari luas lahan potensial yang ada di daha yaitu 12.678 ha

“Insya Allah ini setiap tahun kita kembangkan dan upayakan ada peningkatan-peningkatan penambahan penanaman untuk budidaya tanamam padi dengan tanaman kayapu,” katanya.

Disampaikan pula, Inovasi ini dengan memanfaatkan tanaman lokal yang tumbuh liar dan berkembang biak di daerah perairan lahan rawa lebak. Tanaman Kayapu (Pistia stratiotes L) dimanfaatan sebagai mulsa alami/penutup tanah pada kegiatan budidaya usaha tani padi.

Dikatakan juga, Mulsa alami ini dapat berfungsi untuk menekan pertumbuhan gulma, menjaga kelembaban tanah agar tidak terjadi kekeringan lahan pada musim kemarau dan menurunkan biaya produksi.

Penyuluh dari Dinas Pertanian Ekrimah mengatakan, saya selaku penyuluh dari kecamatan Daha Utara, khususnya Desa Hamayung ingin mengucapkan terimakasih kepada Bupati Hulu Sungai Selatan karena telah berhadir diacara tanam perdana padi dilahan rawa lebak dengan inovasi kayapu di kelompok tani Cinta Maju Desa Hamayung.

“Saya juga mewakili seluruh kelompok tani di Desa Hamayung mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bupati HSS,” ungkapnya.

BACA:  Bupati Hulu Sungai Selatan Pimpin Rapat Persiapan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, hari ini kita tanam padi kelompok tani desa hamayung untuk menerapkan inovasi Ka’bah Wilda (Kayapu membawa Berkah Wilayah Daha) dan ternyata disini petaninya sudah menggunakan itu jadi kita bersyukur.

“Tentu mudah-mudahan dengan kehadiran kami bisa memotivasi mereka untuk memanfaatkan potensi yang ada. Kayapu inikan ada di sekitar kita, tinggal menanam. Mudah-mudahan 3 bulan ke depan kita bisa panen,” tambahnya.

Sore, lanjut Dinas Pertanian melakukan gerakan memburu tikus, karena tikus itu juga menyerang pertanian kita.

“Mudah-mudahan selain menanam, memelihara dan juga memberantas hama-hama yang mengganggu padi kita,” jelasnya.

Kami juga, sambungnya, menyerahkan beberapa bantuan, untuk obat-obatan sekaligus juga tadi ada alat semprotan untuk petani kita. Dan kesempatan yang baik bersyukur bertemu dengan majelis ulama berhadir, sehingga tadi kami juga menyampaikan berkaitan dengan Covid 19 yang masih ada di tengah-tengah kita.

“Sekarang ini kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat mudah-mudahan bisa dipahami dan dimengerti, tidak saja di kabupaten maupun hingga sampai ke desa harus sadar penerapan protokol kesehatan. Inilah yang teruskan kami lakukan ditengah-tengah masyarakat sekarang ini,” ungkapnya. (kominfohulusungaiselatan/dya)

(Visited 7 times, 1 visits today)
  • Bagikan

(Visited 7 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *