Baznas

BUPATI Hulu Sungai Selatan Kunjungi Pelaku UMKM

  • Bagikan
Bupati HSS mencoba cara pengoalah dodol, Senin (2/8/2021). (Sumber Foto: Kominfo HSS)

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry MAP kunjungi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah), didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian HSS Drs Hendro Martono MT, Senin (2/8/2021).

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Kunjangan itu dilakukan di 2 desa, yaitu di Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya dan Desa Kapuh, Kecamatan Simpur.

Adapun dalam kegiatan ini, Bupati HSS menemui dan berbincang dengan para pengusaha UMKM yaitu Ibu Rusimah yang memproduksi dodol asli madu kasirat RAISA.

BACA:  Sekda Hulu Sungai Selatan Terima Kunjungan Kerja DJKN Kalsel

Dilanjutkan Ibu Sajarah yang memproduksi Kacang telor Delima, kemudian, Ibu Helmiah yang memproduksi keripik singkong RAIHANAH dan terakhir, Bapak M Fadli yang memproduksi kerupuk bawang AKBAR.

Dalam setiap perbincangan dengan para pengusaha UMKM tersebut, saat ditanyakan dampak dari pandemi covid-19, rata-rata dari mereka merasa terdampak.

Salah satunya terjadi pengurangan produksi seperti yang diutarakan Ibu Rusimah pembuat dodol Raisa, yang semula produksi di tiga tempat, akibat pendemi terpaksa mengurangi produksinya menjadi satu tempat saja.

BACA:  Habib Kubah Basirih Ajak Masyarakat Kawal Pesta Demokrasi Tetap Kondusif

Dalam kesempatan ini, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP mengatakan, hari ini melihat langsung kondisi UMKM kita dan ternyata dampak akibat pandemi Covid ini sangat berpengaruh bagi mereka.

Seperti dodol ini milik Ibu Rusimah, karena sifatnya untuk oleh-oleh, sedangkan orang-orang tidak ke mana-mana akibat pandemi.

“Saya bersyukur usahanya masih tetap berjalan walaupun dari tiga menjadi satu tempat dalam memproduksi, namun yang penting eksistensinya tetap ada,” ungkap Bupati.

BACA:  Grand Final Pemilihan Utuh Aluh HSS Digelar di Gedung Pramuka

Disampaikan juga, posisi pemerintah daerah dari sebelum pandemi sampai sekarang tetap pada posisi mendampingi para pengusaha UMKM.

“Alhamdulillah melalui program pusat mereka mendapatkan dana BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro, dan mudah-mudahan para karyawan yang ada bisa mendapatkan kartu prakerja,” kata Bupati.

Di akhir, Bupati HSS menyampaikan mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu sehingga usaha-usaha UMKM di Hulu Sungai Selatan bisa terus maju dan berkembang. (kominfohulusungaiselatan/dya)

(Visited 2 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 2 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *