oleh

Bupati HSS: Tour De Loksado Kalau Perlu Dipadukan Bamboo Rafting

KANDANGAN, koranbanjar.net – Berpotensi meningkatkan kunjungan pariwisata dari luar daerah, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengusulkan Gelaran tour de Loksado digelar setiap tahun, jika perlu dipadukan dengan kegiatan ‘bamboo rafting’.

Tour de Loksado 2019, merupakan kegiatan bersepeda yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dengan start di 0 kilometer Banjarmasin, dengan jarak tempuh 176 kilometer menuju Loksado Kabupaten HSS.

Kadispora
Kupati HSS, tengah bersama Sekdakab HSS, Kadispora Provinsi Kalsel, Kadisporapar HSS

Kota Kandangan salah satu pos persinggahan peserta, untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga setelah menempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer.

Selanjutnya, peserta akan menemui puncak dengan jalur ekstrim menuju Loksado, sehingga Kota Kandangan sangat strategis untuk beristirahat.

“Hari ini kita kedatangan tamu para pesepeda yang istirahat di Kandangan dan akan menuju Loksado. Kandangan ini posisinya strategis sekali, sehingga ini sangat kita syukuri,” ucap Bupati Fikry kepada media, usai melepas keberangkatan peserta menuju Loksado, Sabtu (19/10/2019) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Diterangkannya jika ingin dikembangkan lagi, kegiatan bisa saja dipadukan dengan kegiatan ‘bamboo rafting’, yang sudah rutin dilaksanakan di HSS. Sehingga ujarnya, kegiatan bisa lebih meriah lagi, yang mana setelah peserta menempuh jalur darat, dilanjutkan berpetualang di air dengan perahu rakit bambu.

Hanya saja ditambahkannya, waktu pelaksanaannya yang perlu penyesuaian, agar memungkinkan dengan kondisi debit air sungai Amandit.

“Saya tadi bicara ke kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, mengusulkan untuk dibuat saja agenda tahunan untuk kegiatan bersepeda ini,” ungkapnya.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, dengan kegiatan tersebut, dapat sekalian dijadikan ajang promosi pariwisata, khususnya di HSS sendiri.

Bupati Achmad Fikry berujar, dengan kegiatan-kegiatan yang mengundang orang dari luar daerah seperti itu, peserta bisa menikmatinya, “Yang setelah mereka pulang, bisa menyebarkan ke kerabatnya bahwa Loksado memang indah, sehingga orang akan terus berdatangan ke sini,” ujarnya. (yat)

Komentar

Berita Terkini