Bupati HSS Minta Aparatur Pemerintah Desa Siap Divaksin Covid-19

oleh -133 views
Pemkab HSS melaksanakan rapat pembahasan penggunaan dana desa. (Sumber foto: Kominfo HSS
Pemkab HSS melaksanakan rapat pembahasan penggunaan dana desa. (Sumber foto: Kominfo HSS)

Sebagai pelopor bagi masyarakat, Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry meminta agar aparatur pemerintah desa siap untuk disuntik vaksin Covid-19.

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Hal ini disampaikan Bupati HSS dalam rapat pembahasan penggunaan dana desa untuk penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten HSS melalui video konferensi, Senin (18/1/2021).

“Seluruh Camat dan Kepala Desa, apabila nanti vaksin sudah datang dan sudah gilirannya maka harus siap untuk di vaksin,” kata Achmad Fikry.

Selain itu, pihaknya juga meminta pemerintah desa menjadi pelopor bagi masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Segala kegiatan kemasyarakatan harus dibatasi, kita harus menjadi contoh pertama yang baik bagi masyarakat dengan selalu mengenakan masker dan mentaati prokes,” ujar Achmad Fikry.

Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten HSS, Susilo Adianto, Bupati HSS menyampaikan bahwa tahun 2021 tetap memprioritaskan penanganan Covid-19, kesehatan, ekonomi dan bantuan sosial lebih baik lagi.

Kemudian untuk penanganan bencana alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan membahas bersama terkait kebijakan selanjutnya.

“Kita berharap saat ada bencana, desa bisa menangani pada kesempatan pertama. Sekarang desa kita siapkan dana agar bisa lebih awal menangani masyarakat yang terdampak,” jelas Bupati HSS.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad menambahkan, setiap desa yang ada di Kabupaten setempat diharapkan memiliki data masyarakat yang terdampak banjir setiap tahunnya.

“Banjir adalah persoalan tiap tahun yang kita hadapi, tiap desa harus memiliki data tahunan untuk mendata rumah masyarakat,” ucap Syamsuri Arsyad.

Hal ini dimaksudkan sebagai antisipasi, sehingga lebih mudah dan bantuan bisa fokus kepada yang memerlukan terlebih dahulu ketika masyarakat terdampak bencana. (mj-030/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan