oleh

Bupati HSS Masuk Nominasi Peraih Pengharagaan Peduli Lansia

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menjadi salah satu dari empat nominasi penerima Penghargaan Peduli Kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) 2019 untuk kategori perorangan (Tokoh Nasional) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Terpilihnya Bupati Fikry sebagai salah satu calon penerima pengharagaan nasional itu karena dia dinilai telah banyak menjalankan program atau kebijakan untuk meningkatan kesejahteraan lansia di HSS.

Program pemberian beras sejahtera (rastra) gratis untuk lansia di HSS, bantuan rumah sejahtera, jaminan kesehatan, program jaminan hidup (jadup) lansia, adalah beberapa program di antaranya yang dijalankan Bupati Fikry dengan pemerintahan yang dipimpinnya saat ini.

Bahkan dia juga berencana menerapkan kebijakan asuh lansia (minimal satu orang) bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab HSS.

“Tentunya akan kita verifikasi, mana lansia yang sangat membutuhkan bantuan dan mana lansia yang tidak memiliki keluarga,” tuturnya kepada wartawan usai acara verifikasi calon penerima Penghargaan Kesejahteraan Peduli Lansia 2019 dari Kemensos RI, Kamis (9/5/2019), di Aula Ramu Setdakab HSS, Kandangan.

Fikry menilai, lansia berkekurangan tidak hanya memerlukan bantuan sandang, pangan dan papan, tetapi juga perlu kasih sayang.

Menurutnya, kehadiran OPD dengan program asuh lansia nantinya bisa menjadi penyemangat para lansia.

“Mereka (lansia) akan merasa tidak sendiri karena kita semua ada bersama mereka untuk berbagi kebahagiaan,” ucapnya.

Rencana program asuh lansia yang akan dijalankan OPD Pemkab HSS itu sebagai tindak lanjut dari masukan tim verifikasi kepada setiap calon penerima Penghargaan Peduli Kesejahteraan Lansia yang diverifikasi.

Dari empat orang calon penerima Penghargaan Peduli Kesejahteraan Lansia 2019 di kategori perorangan, Bupati Fikry menjadi satu-satunya kepala daerah dari Pualu Kalimantan yang berhasil masuk nominasi peraih penghargaan. (yat/dny)

Komentar

Berita Terkini