Baznas

Bupati HSS akan Ikuti Lomba Jukung Sudur

- Tak Berkategori
  • Bagikan

KANDANGAN – Serangkaian dengan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Pemerintah Daerah setempat bersama Bank Kalsel Cabang Kandangan akan menggelar even lomba perahu dengan tajuk Daha Pacu Jukung Sudur 2017, pada 3 Desember 2017 mendatang.

Kegiatan ini digelar untuk memperebutkan Piala Bupati HSS 2017 dengan menyediakan total hadiah Rp12,5 juta.

Menurut Panitia Penyelenggara dari Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang diwakili Hesti Praba, Hari Jadi Kabupaten Selatan jatuh pada 2 Desember 2017, karenanya kegiatan dilaksanakan pada 3 Desember 2017.

“Kegiatan ini akan diikuti peserta dari 42 desa se Kecamatan Daha, mulai Daha Selatan dan Daha Utara. Selain itu adapula peserta dari 11 kecamatan serta 3 peserta kehormatan,” jelas Hesti

Adapun 3 peserta kehormatan yang dimaksud adalah Bupati HSS Drs. H Achmad Fikry, MAP, Ketua DPRD Kabupaten HSS , Kepala SKPD dan Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan tradisional sejak jaman dahulu dengan tagline Menggali Potensi Peduli Tradisi. Kami menginginkan tradisi ini terus dijaga dan digalakkan,” paparnya.

Dia menambahkan, panitia penyelenggara akan menyediakan fasilitas berupa jukung sudur (perahu). “Peserta tinggal mencari joki atau nakhodanya. Masing-masing peserta terdiri dari lima orang,” imbuhnya.

Kegiatan nanti, timpalnya, akan dipusatkan di Sungai Nagara Selatan, dengan harapan masyarakat dapat lebih banyak menyaksikan tontonan yang menghibur dan menarik. Lebih-lebih salah satu pesertanya adalah Bupati HSS.

“Kami ingin even ini betul-betul tradisional, karena jukung sudur itu ‘kan jukung untuk membawa buah atau sayuran. Mengenai Bupati akan ikut ambil bagian, kami akan siapkan pengamanan yang lebih lengkap, semisal baju pelampung. Soalnya Bupati lho…,” pungkasnya. (sir)

  • Bagikan