Bupati Bersama Wabup HSS Resmikan Bus Pelajar Rute Angkinangn-Kandangan

oleh -102 views
DIRESMIKAN – Bus pelajar rute Angkinang-Kandangan yang hari ini diresmikan Bupati HSS bersama Wabup HSS, Senin (28/1/2019). (Foto: mj-025/koranbanjar.net)

ANGKINANG, KORANBANJAR.NET – Bupati HSS bersama Wakil Bupati HSS meresmikan operasional bus untuk pelajar rute Angkinang-Kandangan, di Musala Nurul Huda, Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Senin (28/1/2019) pagi tadi.

Dalam wawancaranya kepada wartawan, Bupati HSS, Akhmad Fikry mengungkapkan rasa syukurnya karena rute Angkinang-Kandangan merupakan rute ketiga yang telah diresmikan di HSS.

“Pertama jalur Sungai Raya-Kandangan, kedua Padang Batung-Kandangan, dan yang ketiga ini adalah rute Angkinang-Kandangan. Beberapa hari yang lalu kita juga meresmikan operasional dua unit bus mini di Nagara,” ujarnya.

Bupati HSS, Akhmad Fikry (tengah, peci hitam), di Musala Nurul Huda. (Foto: mj-025/koranbanjar.net)

Ia berharap, dengan adanya bus pelajar bantuan dari Kementerian Perhubungan RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalsel itu, para pelajar yang usianya belum boleh menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi sekolah, dapat terbantu.

“Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak sekolah karena tidak punya kendaraan. Bagi yang belum dapat mengendarai roda dua karena belum memiliki SIM, inilah alternatifnya. Busnya nyaman dan ber-AC, tinggal masyarakat yang memanfaatkannya,”katanya.

Sementara Kepala BPTD Wilayah XV Kalsel, Ardono, menyebutkan, berdasarkan data Korlantas, dalam sepuluh tahun terakhir, penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah kecelakaan di jalan.

“Setiap hari ada 78 orang meninggal di jalanan, 70 persen adalah pengguna sepeda motor yang berusia antara 15 sampai 30 tahunan, itu merupakan usia produktif,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini rata-rata pelajar belum memenuhi syarat naik motor, sedangkan angkutan umum sedang lesu karena tidak banyak mendapatkan penghasilan. Jumlah kepemilikan sepeda motor pribadi pun, dikatakannya, semakin terus meningkat. Oleh karenanya, pemerintah harus memberikan angkutan untuk pelajar. (mj-025/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan