oleh

Bupati Banjar Lepas 496 Jamaah Haji, Paling Tua 97 Tahun

MARTAPURA, koranbanjar.net – Bupati Banjar KH Khalilurrahman melepas 496 calon jamaah haji Kabupaten Banjar 2019, Selasa (2/7/2019) pagi, di Mahligai Sultan Adam Martapura. Pelepasan secara resmi ini sebagai pembuka sebelum pelepasan ke asrama haji pada 8 Juli.

Jamaah haji termuda berusia 18 tahun tercatat ada 2 orang. Adapun lansia 14 orang, yang paling tua berumur 97 tahun yaitu nenek Darsiah asal Sungai Batang, Martapura Barat.

bernama Noor Wanda Ristania Nasir asal Sekumpul, Martapura. Sementara yang paling tua 97 tahun bernama Darsiah asal Desa Sungai Batang, Martapura Barat.

Dari total 496 jamah haji, laki-laki 227 orang, wanita 269 orang dan 2 dari tim pemandu haji (TPH) Kabupaten Banjar serta 1 TPH Provinsi Kalsel.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Banjar H. Rimazullah mengatakan, kloter ketiga ada 320 orang yang bakal masuk asrama haji pada 8 Juli.

“Selanjutnya kloter 5, 6, 12 dan 19 merupakan gabungan dengan kabupaten lain. Kloter kelima 39 orang masuk asrama haji 12 Juli, kloter keenam 90 orang pada 14 juli,” jelas Rimazullah kepada koranbanjar.net.

Sementara, lanjutnya lagi, pada gelombang kedua yakni kloter 12 sebanyak 27 orang pada 23 Juli dan kloter kloter 19 sebanyak 21 orang pada 2 Agustus.

Rimazullah menerangkan, pelepasan ini merupakan pelepasan secara umum, sebelum 8 Juli mendatang. “Nanti pelepasan berangkat ke asrama haji itu di masjid

Selain itu Rimazullah menjelaskan, pada 2019 ini ada penambahan jumlah jamaah haji, yang mana memprioritaskan kepada lansia. “Kalau di Kabupaten Banjar sekitar 28 jamaah yang bertambah dibandingkan tahun lalu.

Pelepasan dirangkai dengan acara Salat Hajat berjamaah, pembacaan Surah Yasin dan Selawat Kamilah yang dipimpin Ketua MUI Kabupaten Banjar Tuan Guru Fadlan Asy’ari. Kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Sairoji juara 3 MTQ Nusa Tenggara Barat.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman berharap, para calon jamaah haji agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik dari sisi kesehatan dan mental. Serta meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kepada calon jamaah haji, nantinya jangan lupa agar senantiasa bedoa untuk masyarakat Kabupaten Banjar yang belum melaksanakan ibadah haji, agar diberikan kelapangan rezeki, kesempatan, kemampuan dan kepercayaan oleh Allah SWT berangkat melaksanakan ibadah Haji ke tanah suci,” pesan Guru Khalil. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: