Kab Banjar

Bupati Banjar Ingatkan Warga Tentang Sadar Administrasi Kependudukan

ALUH-ALUH, KORANBANJAR.NET – Bersafari Ramadan ke Masjid Besar Nurul Hidayah Desa Aluh-Aluh Besar, Kecamatan Aluh-Aluh, Selasa (14/05/2019), Bupati Banjar ingatkan masyarakat untuk sadar administrasi.

Kepada masyarakat Aluh-Aluh, Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengimbau agar menyadari pentingnya dokumen kependudukan, pemutakhiran dan pemanfaatan data kependudukan, serta pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mendukung pelaksanaan gerakan indonesia sadar administrasi kependudukan,” tuturnya.

Khalilurrahman pun lantas meminta masyarakat untuk mencek dokumen kependudukannya seperti kartu keluarga, e-KTP Elektronik, serta akta kelahiran.

“Jika ada yang tidak sesuai atau keliru, segera lapor, perbaiki dan perbaharui di Disdukcapil Kabupaten Banjar,” imbuhnya. “Jika belum punya, cepat bikin. Gratis tanpa ribet,” sambung bupati.

Untuk pelayanan bagi masyarakat yang jauh dari pusat pemerintahan, bupati mengungkapkan saat ini sudah ada program Jempol dan Yanling.

“Sekarang sudah ada Jempol (pelayanan jemput bola), yaitu pelayanan pembuatan akte kelahiran dengan mendatangi ke daerah-daerah yang letaknya jauh dari kabupaten, dan juga Yanling yakni pelayanan perekamanan KTP elektronik langsung ke desa-desa, serta one day service pelayanan mengurus akta kelahiran di Disdukcapil Kabupaten Banjar dalam sehari sudah bisa terbit,” paparnya.

Bupati yang kerap disapa Guru Khalil itu berharap, aparat kecamatan atau desa dan aparat petugas registrasi kependudukan di desa, agar terus berperan aktif dalam mendata warganya yang memerlukan pelayanan administrasi kependudukan secara berkala. (fia/dra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close