Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Bupati Banjar Gelorakan Gerakan Cinta Zakat

  • Bagikan

Gerakan Cinta Zakat yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo juga digaungkan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Kabupaten Banjar, Senin (3/5/2021).

BANJAR,koranbanjar.net – Gerakan Cinta Zakat sebagai salah satu upaya mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak dan sedekah serta memastikan penyalurannya tepat sasaran,.

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Amil dan  Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjar,  melaksanakan Gerakan Cinta Zakat dipelopori oleh Bupati Banjar.

Kegiatan keteladanan pemimpin muslim membayar infaq, zakat dan sedekah, ini sekaligus berbuka puasa bersama di Mahligai Sultan Adam Lantai II Martapura.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengajak kepeloporan seluruh potensi umat Islam, khususnya birokrat di tingkat pimpinan hingga staf untuk menunjukkan kesungguhannya dalam berzakat dan berinfaq.

Selain itu, ia juga mengharapkan Baznas agar dapat lebih transparan dalam pengelolaan dana umat, serta program program pemanfaatannya.

”Semoga ke depannya Baznas lebih transparan dan profesional  dalam pengelolaan dan pendistribusian dananya hingga betul betul sampai ke pihak yang membutuhkan,” katanya.

Ia juga berharap zakat yang terkumpul tahun ini bisa melebihi capaian tahun-tahun sebelumnya , sehingga bisa membuat Baznas dapat menyalurkan hasilnya se optimal mungkin.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Banjar Yusran Ya’qub menyebut, ada beberapa program dari Baznas yang hasil dari zakat itu dapat disalurkan diantaranya, Banjar taqwa yang diprioritaskan untuk membantu pembangunan musala di desa-desa.

Banjar Makmur, untuk membantu usaha petani kecil dalam usaha pertaniannya.

Banjar Cerdas, diperuntukkan dalam pembinaan lembaga keagamaan dan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

Banjar Sehat, diperuntukkan membantu pembagian obat obatan dan sembako.

Banjar Peduli, hasil zakatnya diperuntukkan program bedah rumah dan bantuan tunai bencana alam.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar menjadi yang pertama yang memberikan zakatnya, diserahkan kepada Ketua Baznas Banjar Yusran Yaqub.

Diikuti oleh Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie, kemudian Asisten, Forkopimda Banjar,  para Kepala SKPD termasuk Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP), Camat dan Direktur Perusahaan Daerah. Zakat yang terkumpul dalam kegiatan tersebut berjumlah Rp59. 660 .000. (kominfobanjar/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *