Bupati Banjar Fokuskan Penanganan Banjir dan Covid-19

  • Bagikan
Bupati Banjar H Saidi Mansyur sampaikan arahan, Senin (13/9/2021). (Sumber Foto: Kominfo Banjar/koranbanjar.net)

Bupati Banjar H Saidi Mansyur fokuskan pembahasan penanganan banjir dan covid-19 pada rapat koordinasi (Rakor) mingguan Pemkab Banjar di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Martapura, Senin (13/09/2021) pagi.

BANJAR,koranbanjar.net – Rakor kali ini selain dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur, nampak Sekda Banjar HM Hilman, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri dan Kepala SKPD Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam arahannya mengatakan, meminta laporan Kepala SKPD terkait mengenai kondisi terkini Covid-19, perkembangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kesiapan pelaksanaan Swab Antigen terhadap CPNS dan P3K.

Selain itu Bupati Banjar menjelaskan, kondisi banjir di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah serta Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

BACA:  Laga Perdana, Martapura FC Bakal Tampil Menyerang

Ia meminta kepada Dinas terkait untuk berkoodinasi dengan BMKG, karena daerah Kabupaten Banjar sangat rawan seperti diberitakan dalam 8 bulan ke depan akan ada badai lanina.

Jadi, harus mempersiapkan ketika ada bencana seperti banjir. Koordinasi dan hal-hal yang menyangkut bansos harus benar-benar siap.

“Kemarin kita sudah memberikan bantuan kepada saudara kita korban banjir yang ada di Kabupaten Katingan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr Diauddin menjelaskan jumlah kasus aktif Covid-19 semakin turun menjadi 342 kasus.

Jumlah yang meninggal dunia 171 orang, persentase CFR 2,91 persen di bawah angka nasional dan di bawah angka Provinsi Kalimantan Selatan, sedangkan yang sembuh ada 5382 orang (91,59%).

BACA:  Damkar Kabupaten Banjar Sosialisasi Safety Penanganan Bencana

Digenjot saat ini vaksinasi, sampai kemarin sudah diberikan dosis 1 sebanyak 47.879 (10,28%) sisa vaksin Moderna 6034 untuk tenaga kesehatan dan persediaan vaksin kedua dan Sinovac sisa 4610 dosis.

“Secepatnya akan dihabiskan dibeberapa tempat vaksinasi,” ujarnya.

Direktur RSUD Ratu Zalecha dr H Tofik Norman Hidayat menambahkan, terkait kondisi Covid-19 di rumah sakit pada minggu ini terjadi penurunan yang sangat signifikan.

Rata-rata dalam satu minggu ini pasien dirawat kurang dari 10 orang, dan hari ini menurun lagi 6 orang.

BACA:  Gugatan Korban Banjir, WALHi Kalsel Beberkan Faktor dan Sebab Banjir

Pekan kemarin ada dua warga Kabupaten Banjar meninggal akibat Covid-19. memang sangat turun dan mudah-mudahan ini menjadi turun seterusnya,

“Kemudian, persediaan oksigen masih tetap aman, bantuan tabung oksigen dan oksigen konsentrat juga sudah datang dan dimanfaatkan,” jelasnya.

Kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan plakat dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin kepada Bupati Banjar didampingi Sekda Banjar.

Selain itu juga penyerahan Santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Satpol PP Kabupaten Banjar yang meninggal dunia sebesar Rp42 juta   diserahkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin. (kominfobanjar/dya)

(Visited 41 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 41 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *