BNN

Bulan Rabiul Awal, Masyarakat Barabai Sambut Gembira Maulid Nabi Tahun Ini

  • Bagikan
Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kota Barabai, Kabupaten HST.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kota Barabai, Kabupaten HST.

Bulan Rabiul Awal tahun 1443 Hijriah sekarang sudah tiba. Sejak Kamis (7/10/2021) malam, hampir semua langgar dan masjid di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ramai memperingati maulid Nabi Muhammad Saw.

BARABAI, koranbanjar.net – Berbeda dengan tahun sebelumnya, masyarakat tidak dapat melaksanakan maulid Nabi Muhammad Saw karena terbentur dengan peraturan pemerintah agar menghindari kerumunan akibat wabah Covid-19.

Tahun ini, masyarakat Kota Barabai khususnya, menyambut bulan Maulid dengan penuh gembira, karena tidak ada intruksi dari pemerintah daerah untuk melalarang kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

Pantauan koranbanjar.net di beberapa langgar dan masjid di seputaran Kota Barabai dan sekitarnya, masyarakat masing-masing melantunkan syair-syair pujian untuk Rasulullah SAW di masing-masing langgar dan masjid.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kota Barabai, Kabupaten HST.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Kota Barabai, Kabupaten HST.

Tidak hanya di langgar dan masjid ada juga yang melaksanakan Maulid di rumah warga dengan mengundang kelompok habsy di wilayah setempat.

Ketua Kelompok Maulid Habsy Al-Muhyii, Ahmad Faisal mengungkapkan, tahun ini masyarakat dapat gembira menyambut bulan Maulid, meskipun wabah covid-19 masih menghantui.

Ditambahkan, tahun ini memang berbeda dengan dua tahun lalu, pasalnya dua tahun lalu, setiap hari ada saja yang mengadakan acara maulid.

Biasanya kalau di wilayah lingkungan langgar maupun masjid di kampung, warga sengaja membentuk panitia maulid. “Nah, tugas panitia ini mencarikan kelompok maulid yang bisa membacakan syair-syair maulid di rumah warga,” tutup Faisal.

Lantunan syair-syair pujian terhadap Rasulullah berbeda-beda ada yang membacakan Maulid Habsy, Maulid Berjanji dan juga Maulid Asrafal Anam.(mj-41/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =