MTQ Nasional Kalsel

Buka Hari Santri Nasional, Bupati akan Disambut Hadrah dari Ar-Rumi

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET Kedatangan Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, pada pembukaan Hari Santri Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjar pada sore ini akan disambut dengan kesenian Hadrah dari Sanggar Ar-Rumi.

Seperti dikonfirmasi Ketua Umum Sanggar Ar-Rumi, Muhammad Humaidi, kepada koranbanjar.net bahwa pihaknya sudah menyiapkan pemain hadrah setidaknya 25 pemain untuk menyambut kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Banjar ini.

“Iya, sore ini pada acara pembukaan Hari Santri Nasional kita akan menyambut Bupati dengan tari Hadrah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Hadrah merupakan salah satu kesenian khas Banjar. Kesenian yang bernafas Islami ini biasanya dilakukan pada penyambutan para pejabat atau tamu kehormatan.

Untuk pembukaan Hari Santri  hari ini, Senin (22/10) dijadwalkan pada pukul 16.30 Ba`da Asar.

Buka Hari Santri Nasional, Bupati akan Disambut Hadrah dari Ar-Rumi
Anggota Sanggar Ar-Rumi latihan Hadrah untuk persiapan menyambut Bupati Banjar. foto: istimewa

Pemkab Banjar sendiri kembali gelar “Event Seni dan Budaya Islam” dalam rangka Hari Santri Nasional seperti pada tahun sebelumnya. Menurut Kepala Dibudpar Banjar Haris Rifani SH mengatakan, event ini akan dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 22 hingga 25 Oktober 2018 di ruang terbuka hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura.

Mengusung tema “Bersama Santri, Damailah Negeri” Event Seni dan Budaya Islam ini  oleh  pihak Disbudpar Banjar bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Banjar dan beberapa instansi terkait.

Ada 10 kegiatan yang nantinya diperlombakan, diantaranya Pameran Pondok Pesantren se-Kabupaten Banjar, lomba MTQ, Musabaqoh Hatil Qur’an (Kaligrafi), Syair Maulid, Pidato Bahasa Arab, Kirab Santri, Qiratul Qutub, Seminar Pondok Pesantren, Bakti Sosial dan Khataman Al-Qur’an yang diikuti sebanyak 1500 orang santri se-Kabupaten Banjar. (dra)