oleh

Bronjong Jalan Telok Selong Atasi Gerusan Air Sungai

MARTAPURA,koranbanjar.net – Peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana perhubungan darat berupa jalan di Martapura Lama kawasan RT 1 Desa Teluk Selong Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar telah melakukan perbaikan kondisi jalan.

Perbaikan itu dikerjakan terkait amblasnya jalan sehingga diperlukan bronjong atau siring, berfungsi menahan gerusan air sungai.

Perbaikan itu karena jalan penghubung Desa Pakauman Ulu dan Teluk Selong nyaris putus sekitar sepanjang 20 meter  dan kedalaman mencapai satu setengah meter dengan lebar dua setengah meter.

Warga sekitar sempat melakukan uaya perbaikan menggunakan dana urunan alias swadaya. Tetapi tak berumur panjang, jalan kembali amblas dan longsor terkena kikisan air sungai di sampingnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar HM Hilman ST MT tidak menampik dilakukannya perbaikan untuk memudahkan jalur trasportasi warga.

Kendati telah ada jalan baru milik provinsi, Jalan Martapura Lama tetap mendapatkan perhatian, karena telah diserahkan ke Pemkab Banjar menjadi jalan kabupaten. “Pembangunannya harus menggunakan tiang pancang beton,” katanya.

Pantauan koranbanjar.netdi lokasi kegiatan, pekerjaan rehabilitasi pemeliharaan jalan kabupaten di Desa Teluk Selong Kecamatan Martapura Barat oleh Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar.

Dengan dana APBD Kabupaten Banjar senilai Rp428.500.000, waktu pelaksanaan pekerjaan selama 120 hari dikerjakan PT Indah Perkasa Konstruksi, untuk ruas jalan sepanjang 26 meter.(dya)

Komentar

Berita Terkini