oleh

BPS Prediksi Wisman China Menurun Diduga Karena Virus Corona

BANJARBARU, koranbanjar.net – Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan (BPS Kalsel) memprediksi, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khusunya asal Tiongkok China akan menurun. Penurunan terjadi, dipicu sejak merebaknya virus corona.

Berdasarkan data terbaru BPS Kalsel, terjadinya penurunan jumlah tamu asing ke Kalsel dan ekspor ke Tiongkok.

Kepala BPS Kalsel Diah Utami menjelaskan, viralnya virus corona beberapa waktu terakhir diprediksi akan mempengaruhi perdagangan dan jumlah wisatawan Indonesia.

“Penurunan jumlah tamu asing dan ekspor ke Tiongkok, belum bisa dipastikan akibat dampak hebohnya virus corona. Tapi, kemungkinan ke arah itu (virus corona) memang ada. Kemungkinan iya, kita saja keluar (negeri) jadi khawatir,” ungkapnya kepada sejumlah awak media, Senin (3/2/2020), di Kantor BPS Kalsel, Banjarbaru.

Menurutnya, untuk saat ini ada penurunan dampak ekonomi luar negeri. Sehingga dugaan karena virus corona, tidak bisa dipastikan karena pihaknya belum mempunyai data.

“Untuk data jumlah tamu asing yang menurun akibat virus corona, insya allah dapat diketahui bulan depan. Mudahan bisa tergambar mengenai penurunan wisman akibat corona,” paparnya.

Seperti diketahui, jumlah penumpang yang datang melalui bandara di Kalsel selama Desember 2019 sebanyak 151.668 orang. Atau turun 2,08 persen, dibanding bulan November 2019 sebanyak 154.894 orang.

“Rata-rata lama menginap (RTLM) tamu asing, dan dalam negeri pada hotel berbintang di Kalsel pada Desember 2019 sebesar 1,44 malam. Mengalami penurunan 0,15 malam, dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 1,59 malam,” bebernya.

Diah menerangkan, negara tujuan utama nilai ekspor tertinggi pada Desember 2019 yakni Tiongkok, sebesar US$184,06 juta. Tapi angka ini menurun, dari bulan sebelumnya yang mencapai US$254,08  juta,”

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: