oleh

BPBD dan Polres Tapin Siap Siaga Hadapi Karhutla

RANTAU, KORANBANJAR.NET – Jajaran lembaga infrontalis  siap siaga dalam menghadapi bencana di daerah. Personil lembaga ini bersinergi dalam rangka

mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada musim kemarau di lingkup  wilayah Tapin.

Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin bersama Polres Tapin menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Tapin, Senin (30/4) kemarin, pukul 08:00 wita, di Lapangan Dwi Dharma Rantau.

Peserta apel ini terdiri Pj. Bupati Tapin, Gt.Syahyar bersama jajaran forkominda Tapin, Jajaran Polres Tapin, TNI Kodim 1010 Rantau, Organisasi Pemuda KNPI Tapin, Satpol PP, dan para pelajar TK di Tapin.

Dalam upacara tersebut Pj.Bupati Tapin H.Gt.Syahyar  dipertunjukan kesiapsiagaan anggota Tim Rescue BPBD Tapin  menggunakan mobil double kabin yang telah dimodifikasi untuk mengangkut tandon air, mesin pompa air dan selang yang telah disiapkan Polres Tapin dalam menghadapi karhutla di musim kemarau.

Selain itu juga dipersiapkan mobil AWC, kendaraan roda dua, semprotan solo, gepyok, mobil ambulan dan penerangan.

Pemerintah Kabupaten Tapin dalam rangka persiapan yang sama menyerahkan bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran yang diserahkan Pj. Bupati Tapin H.Gt Syahyar secara simbolis kepada BPBD Tapin.

Kapolres Tapin, AKBP Bagus Suseno Sik. MH mengatakan seluruh jajaran Polres Tapin merapatkan barisan dalam menghadapi musim kemarau dan mengantisipasi bencana Karhutla di  wilayah hukumnya.

Peran aktif bhabinkamtibmas polsek-polsek dinilai sangat penting di tengah-tengah

masyarakat untuk mengimbau sekaligus mensosialisasikan agar tidak melakukan pembakaran lahan hanya sekadar untuk membuka lahan pertanian.

Selain itu, melalui selebaran-selebaran dan poster secara dialogis langsung ke masyarakat dalam mengantisipasi karhutla juga dinilai sangat efektif. “Peran masyarakat tentunya sangat penting dalam mengantisipasi karhutla ini,” katanya.(nas)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: