MTQ Nasional Kalsel

BPBD Antisipasi Musibah Banjir dan Bencana Lain

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kabupaten Banjar salah satu daerah yang memiliki beberapa lokasi rentan dengan bencana alam seperti banjir saat musim hujan. Belakangan wilayah Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar sering diguyur hujan yang lumayan deras dan lama. Untuk itu persiapan terjadinya banjirpun dilakukan pemerintah daerah.

Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, Kamis (28/06), Imade G Nyoman menuturkan, kini pihaknya telah menyiapkan tim untuk melakukan antisipasi penanggulangan bencana banjir,  dan juga telah menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam penanganan bencana banjir seperti  perahu karet dan lain-lain.

“Beberapa hari ini di wilayah kita sering terjadi hujan, karena itu kita dari BPBD telah menyiapkan segala kemungkinan untuk antisipasi penanggulangan bencana banjir, “ ujarnya

Dia juga menambahkan, saat ini BPBD berkonsentrasi untuk dua kesiapan dalam musim hujan ini, diantaranya banjir dan tanah longsor.

“Tim telah kita siapkan, dan mereka juga sudah dilatih dalam menangani bencana banjir dan tanah longsor,  dan kalau diliat situasi saat ini musimnya anomali, jadi diprediksi intensitas hujan ini tidak akan lama, namun kita tetap siaga,” katanya

Selain itu Nyoman juga menuturkan, BPBD telah memetakan daerah-daerah yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

“Untuk daerah rawan, kita Sudah petakan, seperti Pengaron,  Tanah Abang, Mataraman dan Tunggul Irang. Dan juga sempat ada gerakan tanah di wilayah Telok Selong yang disebabkan air, kita sudah kondisikan dengan pihak provinsi  karena kita sendiri dananya tidak memadai,” ungkapnya

Sementara berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memperkirakan kondisi basah ini sifatnya anomali dan dalam sepekan akan kembali kering.

“Kita sudah minta data ke BMKG, kalau ini sifatnya anomali, kemungkinan Jum’at sudah mulai kering,” pungkasnya.(sai/sir)