oleh

BP3K Kandangan Jadi Lokasi Magang Siswa ATPH

KANDANGAN,koranbanjar.net – Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kandangan, menjadi lokasi magang siswa Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMK PP Negeri Banjarbaru.

Ada empat orang siswa dari Kelas XI Kompetensi Keahlian ATPH, yang dikirim ke balai terpadu terletak di Kota Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Mereka dikirim magang di BP3K Kandangan pada Kamis (16/1/2020) dan diantar oleh panitia magang tahun 2020.

Lantas, dimana mereka ditempatkan? Guru pengantar magang, Abdul Wahid mengemukakan, mereka akan menempati wilayah kerja BP3K Kandangan. “Mereka akan bersama para petani padi,” imbuh dia.

Siswa magang dari ATPH SMK PP Negeri Banjarbaru, ini dibimbing dan diberikan pengetahuan dunia usaha dan industri.

Tujuan magang? “Tujuan magang untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang ATPH, khususnya komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang ada di lokasi magang seperti  meliputi padi, cabai, tomat dan tanaman lainnya,” kata Abdul Wahid.

Dijelaskan oleh Abdul Wahid, diharapkan siswa selama magang 3 bulan itu dapat berbaur. “Mereka harus mempersiapkan fisik dan mental serta alat pertanian untuk mendukung pelaksanaan magang,” katanya.

Harapan setelah pulang nanti, mereka akan mendapatkan kompetensi.

Baik itu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang terkait komoditas. “Tidak kalah pentingnya adalah pengalaman bagi mereka bersosialisasi di lingkungan masyarakat umum dan pertanian,” sebut dia.

Tanggapan siswa? Siswa peserta magang bernama Novia Lestari Ramadhani dari kelas XI ATPH A, menyatakan memiliki harapan sendiri terkait ikut magang.

“Semoga magangnya berjalan baik dan lancar, dimudahkan, mendapatkan ilmu bermanfaat dan berguna bagi masa depan,” harap dia. (Humas SMKPP Negeri Banjarbaru/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan