oleh

BMKG: Hujan Deras Masih Akan Terjadi

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Rabu (29/08) kemarin mendadak langit berubah mendung dan hujan lebat turun mengguyur sejumlah wilayah di Banjarbaru juga sekitarnya disertai angin kencang.

Berdasarkan informasi sebelumnya, diketahui bahwa sekarang memang belum memasuki musim peralihan, seperti yang diungkapkan Kepala Stasiun Kelas I Banjarbaru, Goeroeh Tjiptanto beberapa waktu lalu.

Namun, selain menjadi berkah, tentu hujan yang terjadi kemarin tentunya memunculkan sebuah pertanyaan di tengah-tengah masyarakat, apakah terjadi fenomena seperti sebelumnya? Atau ada faktor lain?

Ditemui di Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika Stasiun Klimatologi Klas I Banjarbaru, Yosef Prasetya selaku Prakirawan atau Forecast mengatakan hujan kemarin merupakan efek dari fenomena regional tekanan udara di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara yang berimbas ke Kalimantan Selatan.

“Fenomena tersebut biasanya berpindah-pindah, kebetulan terjadi di Kalbar dan Kaltara, efeknya ke sini (Kalimantan Selatan) makanya terjadi hujan yang cukup deras disertai angin,” ungkap Yosef.

Untuk waktu berlangsungnya, lanjut Yosef, berkisar satu minggu dan kemungkinan masih akan terjadi beberapa hari ke depan. Hujan kemarin pun terjadi di beberapa wilayah di Kalsel secara serentak, seperti di Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tabalong, dan Palangkaraya pun juga hujan.

“Paling tidak hujan yang terjadi hampir di seluruh Kalsel kemarin bisa mengurangi polusi udara akibat karhutla yang terjadi di wilayah Kalsel akhir-akhir ini,” tutup Yosef.(ren/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: