Tak Berkategori  

Binmas Sediakan Stand Bermain untuk Anak-anak di Alun-alun Ratu Zalekha

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Binmas Polres Banjar menyediakan pojok Kabinaktar (Kami Bina Anak Menjadi Pintar) selama satu bulan penuh saat Ramadhan di samping Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura. Pojok Kabinaktar ini menyediakan perpustakaan, sesi bercerita dan beberapa lomba.

“Kalau biasanya Pojok Kabinaktar ini digelar setiap Minggu pagi, tapi kali ini kita buka satu bulan penuh selama Ramadhan, gunanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang perlu informasi kehilangan atau apa saja, silakan datang ke sini,” tutur Kasat Binmas Polres Banjar, AKP Amalia Afifi kepada koranbanjar.net, Jumat (18/5).

Amalia menambahkan, pihaknya menyediakan buku-buku bacaan dan juga beberapa lomba di antaranya adalah lomba adzan, lomba doa, serta surah-surah Alquran yang pendek untuk anak-anak.

“Jadi sistem untuk lomba tersebut tidak mendaftar, siapa yang berani ikut tantangan kami, dia menulis membaca dan kita videokan lalu kita catat,” tutur Amalia.

Saat final nanti, ujarnya, anak-anak tersebut diundang kembali pada 17 Ramadan atau saat malam Nuzulul Quran sebagai hari puncak.

Pojok Kabinaktar menyediakan beberapa hadiah untuk anak-anak yang mengikuti lomba, seperti piala dan buku serta peralatan untuk sekolah.

Dia menyatakan, sekarang respon masyarakat sangat bagus dengan adanya Pojok Kabinaktar.

“Karena dilihat tadi, ada juga didatangi pejabat-pejabat, karena ini memang adalah salah satu tontonan menarik untuk anak-anak,” ucapnya.

Selain itu Pojok Kabinaktar ini juga memudahkan para orang tua yang lagi belanja di pasar Ramadhan bisa menitipkan anaknya di Pojok Kabinaktar untuk bermain sekaligus belajar.

“Di sini ada beberapa boneka yang di antaranya adalah boneka ikon khas dari Kabinaktar sendiri yaitu boneka Srikandi dan juga Arjuna. Kalau misalnya nanti tepat waktunya atau tidak ada laporan kita akan bercerita untuk anak-anak yang bertemakan Ramadhan, seperti tentang keimanan, puasa dan yang lainnya,” beber Amalia.(sen/sir)