oleh

Bikin Ngiler, Lapat di Barabai ini Dibikin Jumbo dan Tebal

BARABAI, KORANBANJAR. NET – Lapat merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Bagi masyarakat Kalsel sendiri makanan ini sangat familiar, mulai dari rasa, bentuk sampai ukurannya semua orang sudah tahu.

Namun, Lapat yang satu ini mungkin bisa dibilang jarang ditemukan di tempat lain karena ukurannya yang berbeda dengan Lapat pada umumnya.

Sebelah lapat yang dijual Ibu Ati ini Berukuran 14 x 8 cm dengan ketebalan 2 cm Ini dua kali lebih besar dari lapat pada umumnya yang berukuran 7 x 4 cm. Menariknya, sebelah lapat Ibu Ati ini hanya dibandrol Rp 2.000 saja!

Warung makan Ibu Ati ini terletak di Jalan Lingkar Kapar Walangsi tepatnya di Desa Banua Binjai, Barabai, Hulu Sungai Tengah.

Lapat di Barabai ini Dibikin Jombo dan Tebal
Ibu Ati pemilik warung makan.

Ibu Ati menyediakan Lapat dengan dua varian, yakni dengan sambal kacang dan gangan (kuah yang berbahan utama santan dan nangka). Sementara lauknya ada ayam, haruan (gabus) dan telur rebus.

Satu porsinya diisi sebelah lapat yang hanya dibandrol Rp 5.000 saja. Itu sudah termasuk kuah dan lauk sesuai selera.

Ibu Ati sang pemilik warung memngungkapkan awal idenya membuat lapat yang berukuran jombo karena hanya ingin beda dari orang lain.

“Supaya beda dari lapat di warung yang lain. Saya sudah buka sejak 3 tahun yang lalu,” ujarnya.

Tak ayal, lapat yang lebih besar dari lainnya serta harga yang murah membuat warung ini disukai penikmat kuliner. Salah satunya Fatur dari Kandangan.

“Harganya murah dan ukuran lapatnya lebih besar, itu yang membuat saya ketagihan datang ke sini,” ujar Fatur.

“Makan di sini murah dan pasti kenyang. Bayangkan saja kalau makan langsung 2 belah lapat menakai kuah gangan nangka, piring pun hampir tidak muat, sangat bohong kalau tidak kenyang,” timpal Gusti warga Desa Banua Jingah. (ami/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: