oleh

Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Laksanakan Program Kependudukan dan KB

BANJARBARU, koranbanjar.net – Demi meningkatkan kualitas penelitian di bidang kependudukan, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN melaksanakan program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga. Program dilaksanakan melalui optimalisasi kemitraan BKKBN dengan perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

“Penetapan kebijakan ini merupakan terobosan baru yang dilaksanakan BKKBN dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Sebagai langkah awal pasca penetapan kebijakan ini, BKKBN menggandeng perguruan tinggi di 34 provinsi se Indonesia untuk meningkatkan kualitas penelitian di bidang program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga,” ujar Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Rizal Damanik kepada wartawan, Kamis (4/7/2019), di Banjarbaru.

Dia menjelaskan komitmen pelaksanaan kebijakan tersebut ia tanda tangani sendiri bersama Ketua Forum Rektor Indonesia, Yos Johan Utama, pada 1 Juli lalu, di Institut Pertanian Bogor.

“Sistem aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan para peneliti perguruan tinggi di 34 provinsi untuk bekerja sama dengan peneliti BKKBN dalam merancang dan melaksanakan penelitian d bidang pendidikan, KB dan pembangunan keluarga. Melalui aplikasi ini juga proses standarisasi pemilihan universitas sesuai dengan standar akreditasi perguruan tinggi minimal B,” terangnya.

Dengan optimalisasi kerja sama tersebut, Rizal mengharapkan, penelitian kependudukan, KB dan pembangunan keluarga yang dihasilkan akan jauh lebih tajam berdasarkan kondisi per wilayah, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai basis dalam pengambilan keputusan maupun pengembangan program intervensi per wilayah.

Selain itu juga dengan berbagai strategi trobosan yang ada, kemitraan BKKBN dengan perguruan tinggi diharapkan dapat berjalan optimal dalam mendukung perumusan program KKBPK, sehingga dapat membangkitkan serta mendudukkan kembali BKKBN sebagai lembaga yg handal dalam program KKBPK. (ykw/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: